Bumijo Jualain Lewat Produk Ramah Lingkungan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 06 September 2022
Bumijo Jualain Lewat Produk Ramah Lingkungan
Bumijo.id adalah salah satu UMKM yang sering kampanye produk go green. (Foto: Pexels/Ready Made)

BEBERAPA tahun belakangan kampanye go green kerap dikumandangkan. Adanya kampanye ini bukan tanpa alasan. Semakin hari sampah plastik semakin menumpuk dan mengganggu kehidupan di alam. Apalagi, plastik merupakan bahan yang sulit terurai. Maka dari itu, banyak orang perlahan mulai pindah dan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

Unsur ramah lingkungan pun menjadi salah satu keunggulan dalam menjual produk. Ramah lingkungan artinya produk yang digunakan tidak membahayakan lingkungan dan alam sekitar. Baik ketika sedang dipakai, maupun setelah selesai dipakai. Salah satu yang memiliki keunggulan ini adalah produk Bumijo.id

Baca Juga:

Saatnya Warga +62 JUALAIN

Bumijo.id adalah UMKM yang secara khusus menjual produk-produk rumah tangga ramah lingkungan sejak 2018 lalu. UMKM ini mencoba jualain dengan memproduksi produk yang rata-rata terbuat dari bahan alam seperti kayu dan tanaman.

Selain lebih mudah diuraikan oleh alam, produk rumah tangga ini sifatnya juga tidak sekali pakai. Produk ini banyak yang diproduksi oleh produsen lokal dan usaha rumahan di desa. Nah, meski diproduksi rumahan, produk yang dihasilkan tidak murahan.

Produk Bumijo didominasi oleh bahan-bahan alam seperti kayu dan tanaman. (Foto: [email protected])

"Sebelum memutuskan untuk menjual sebuah produk. Kami pastikan bahwa produk tersebut memang aman dan nyaman digunakan dengan (cara) mencoba sendiri produk itu lebih dulu," jelas Sarah, pemilik Bumijo pada Merahputih.com.

Salah satu produk yang terbuat dari kayu adalah sisir yang dibentuk dari kayu sawo di Indonesia. Karena seluruh bahannya 100 persen terbuat dari kayu, sisir ramah lingkungan ini bersifat lebih kokoh. Bumijo menyebutkan unsur kayu dalam sisir ini bisa membantu melancarkan peredaran darah, melembutkan rambut, dan meratakan minyak di kulit kepala. Selain itu, gigi sisir yang tidak rapat juga dapat mengurangi kerontokan.

Baca Juga:

Mengintip Peluang Berbisnis Hunian Co-Living Lewat Kredit

Contoh lainnya adalah spons mandi dan cuci tangan yang terbuat dari loofah. Loofah adalah bahan terbuat dari labu yang dikeringkan dan fungsinya untuk membersihkan kulit-kulit mati. Ini bisa menjadi spons alami yang lebih mudah terurai oleh lingkungan. Selain sifatnya yang ramah lingkungan, produk-produk ini juga unik karena bersifat handmade atau dibuat secara khusus oleh tangan.

"Best seller kami itu kapas kain, menspad, dan sikat gigi bambu. Mungkin karena paling sering dipakai dan dibutuhkan dalam keseharian," ujar Sarah.

Selain menjual produk, Bumijo juga seringkali menyampaikan tutorial DIY untuk mendorong masyarakat hidup lebih go green. (Foto: [email protected])

Tak hanya sekadar menjual, Bumijo juga memberikan wawasan baru melalui tutorial DIY lewat video yang diunggah di akun media sosialnya. Misalnya bagaimana caranya mengkreasikan kertas Beeswax Wrap dalam kehidupan sehari-hari. Kertas tersebut dapat dimanfaatkan menjadi pembungkus buah, mangkok makanan ringan, dan kantong untuk membawa makanan saat perjalanan. Beeswax Wrap adalah kain organik yang dilapisi oleh lilin lebah dan bisa dicuci berulang kali.

Dalam video lain, ada juga cara dan langkah mudah untuk menjadi eco-friendly traveller. Misalnya saat sedang berlibur, kamu bisa membawa sikat gigi sendiri yang terbuat dari bambu, kapas wajah kain yang bisa dipakai dan dicuci berulang kali, dan sabun foaming wet yang terbuat dari katun. (mcl)

Baca Juga:

Bukan Sulap Bukan Sihir, Pakaian Olahraga Ini Terbuat dari Limbah Botol Plastik

#September Warga +62 JUALAIN
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan