Bulog Sumbar Distribusikan Bawang Merah ke Riau

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 22 Mei 2017
Bulog Sumbar Distribusikan Bawang Merah ke Riau
Petani bawang merah. (ANTARA FOTO)

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Barat mendistribusikan lima ton bawang merah yang diserap dari petani Alahan Panjang, Kabupaten Solok, ke Pekanbaru, Riau.

"Bawang tersebut untuk mendukung Gerakan Stabilitas Pangan di Riau," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi di Padang, Senin (22/5).

Menurutnya, bawang merah yang dikirim itu setengah dari serapan bawang merah yang dilakukan Bulog Sumbar dalam seminggu terakhir.

"Kami serap dari petani sebanyak 10 ton dengan harga beli Rp15.000 per kilogram. Setengahnya didistribusikan ke Pekanbaru," katanya.

Sementara lima ton yang tersisa juga telah habis didistribusikan pada seluruh gudang Bulog di Sumbar.

"Hari ini kami sudah tugaskan anggota untuk kembali melakukan serapan di Alahan Panjang," katanya.

Benhur mengatakan, saat ini harga bawang merah di Alahan Panjang memang sedang jatuh hingga Rp11.000 hingga Rp14.000 per kilogram karena panen raya sehingga stok di tingkat petani melimpah.

Untuk menghindarkan petani dari ketugian, Bulog Sumbar melakukan serapan terhadap bawang merah petani tersebut. Namun, memang tidak semua jenis bawang bisa dibeli Bulog karena ada standar yang harus dipenuhi.

Bawang yang dibeli dari petani itu, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumbar juga dikirim ke daerah tetangga.

"Harapan kami sebenarnya, bawang merah Alahan Panjang ini bisa memenuhi kebutuhan di Sumatera. Namun, tentu hal itu bertahap," tandasnya.

Saat ini, bawang merah itu baru dikirimkan ke Pekanbaru, Riau. Jika penerimaannya baik selanjutnya bisa dikirimkan ke Jambi, Bengkulu, dan Medan.

Sumber: ANTARA

#Bawang Merah #Sumatera Barat #Bulog
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan