Bulog Pastikan Stok Beras DIY Aman Sampai Mei

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 17 Januari 2018
Bulog Pastikan Stok Beras DIY Aman Sampai Mei
Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional DIY memastikan stok cadangan beras di seluruh wilayah DIY aman dan tercukupi hingga empat bulan ke depan. Adapun cadangan yang saat ini dimiliki Bulog mencapai 6 ribu ton beras.

Kepala Bulog Divre DIY Miftahul Ulum memastikan wilayah DIY tidak akan kekurangan beras. Kenaikan harga beras beberapa pekan terakhir terjadi bukan karena kelangkaan stok beras, melainkan faktor badai Cempaka yang melanda DIY sehingga membuat beberapa hektare sawah gagal panen.

"Level ketersediaan cukup sampai empat bulan ke depan, sampai Mei," ujar Miftah usai rapat bersama tim pengendali Inflansi Daerah (TPID) di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (17/1).

Pihaknya memprediksi, cadangan beras akan berlebih karena pada Februari akan terjadi panen raya di empat kabupaten di DIY.

Ia menjelaskan, saat ini beberapa daerah di Sleman, Kulonprogo, dan Bantul sudah mulai panen gabah. Namun, jika masih kurang pihaknya tak segan akan membeli beras ke petani di luar DIY.

Bulog pun berani membayar tinggi beras yang dibeli di petani. Tujuannya supaya beras tersebut tak lari ke tengkulak-tengkulak di luar DIY

"Kami pakai skema harga pasar. Kami beli langsung ke petani di atas harga HPP," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko meminta warga tidak khawatir kekurangan beras. Beberapa sawah di Sleman, Kulonprogo, dan Bantul sudah mulai panen di bulan ini. Setidaknya ada sekitar 30 ribu hektare sawah yang panen di bulan Januari.

"Produksi beras kita ke depan lebih dari permintaan. Sekarang tiap hektare bisa panen gabah kering pungut 8 ton. Kalau jadi gabah kering giling bisa jadi 6 ton," katanya. (Teresa Ika)

#Stok Beras #Bulog
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan