Bulan Suci Ramadan Dinilai Mampu Redam Panasnya Suhu Politik Indonesia KH Nasaruddin Umar, imam besar Masjid Istiqlal doakan Pemilu 2019 (Foto: kemenag.go.id)

MerahPutih.com - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazarudin Umar mengakui momen bulan suci Ramadhan kali ini mampu mendinginkan panasnya suasana tahun politik 2019. Akibatnya letupan emosi dan kritikan yang dilancarkan menjadi lebih sejuk.

"Ramadhan sangat timely, tepat waktu sepertinya Allah sudah mengatur sedemikian rupa. Rangkaian panjang pesta demokrasi, kemudian ada hari H-nya lalu sampai pengumumannya pun muncul pada bulan suci Ramadhan," kata Nasaruddin saat berbincang dengan awak media di Jakarta, Selasa (4/6).

Orang cerdas, lanjut Nasaruddin juga mampu berpikiran logis menghindari hal semacam itu.

Imam Besar Masjid Istiqlal Profesor KH Nasaruddin Umar. (Foto: Nahdlatululama.id)
Imam Besar Masjid Istiqlal Profesor KH Nasaruddin Umar. (Foto: Nahdlatululama.id)

Baca Juga:

Dengan Tips Mudah ini, Kamu Bisa Menghasikan Ketupat Lembut dan Enak

"Bulan suci Ramadhan menstimulasi pesta demokrasi. Bayangkan kalau tak ada bulan suci Ramadhan, kita tak bisa memprediksikan. Berarti kehadiran bulan suci ramadhan menghadirkan berkah bagi bangsa Indonesia," ungkap Nasaruddin.

Selain itu, hampir semua negara Islam merdeka di bulan Ramadhan. Tak terkecuali Indonesia.

"Penaklukan Mesir, penaklukan Spanyol pantai, dan daratan di bulan Ramadhan. Penaklukan kota Mekkah, nabi kan tadinya diusir kan. Direbut kembali pada bulan Ramadhan," jelasnya.

"Sepertinya umat Islam dengan bulan Ramadhan sangat bersahabat ya. Dimana di sana ada kemenangan umat," sambung Nasaruddin.

Ia menambahkan, ada persoalan yang muncul di beberapa lokasi Jakarta belakangan ini. Yakni kerusuhan karena diduga menolak hasil pemilu. "Itu hanya bumbu-bumbu saja. Saya harap peristiwa yang kemarin menjadi pembelajaran berharga bagi bangsa kita," imbuh Nasaruddin.

Pria asal Bone ini menilai, Indonesia punya pengalaman unik dan bisa belajar dengan sejarahnya sendiri. "Indonesia tak pernah jatuh di lubang yang sama. Sudah tau ada efeknya seperti ini, pasti itu akan datang. Dicoba menghindari hal yang ekses seperti itu," imbuhnya.

"Jadi ini kecerdasan bangsa Indonesia untuk menghindari hal seperti itu atau yang menyebabkan dirinya sendiri bermasalah," ungkapnya. (Knu)

Baca Juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Doakan Pemilu 2019 Berlangsung Aman dan Damai


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH