Bulan Depan Lintasan Formula E di Monas Mulai Diaspal Ajang balap mobil Formula E. Foto: Facebook/Anies Baswedan

Merahputih.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD penyelenggara ajang Formula E akan melakukan pengaspalan lintasan balap mobil bertaraf internasional itu di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Maret 2020 mendatang.

"Kalau pengaspalan, mulai bulan depan karena diharapkan 2 bulan sebelum dipakai lomba, itu aspalnya harus sudah jadi, biar kering, dilalui kendaraan umum dulu," kata Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto, saat dihubungi, Jumat (14/2).

Baca Juga

Akhirnya Balap Formula E Boleh di Monas, Ini Janji Anies ke Setneg!

Aspal yang digunakan untuk rute perlintasan nantinya akan sesuai dengan standar dari Formula E Organization (FEO). Pihak FEO juga, turut membantu dalam mengukur kualitas lintasan.

"Kan itu banyak unsurnya, seperti garasinya, itu kan dibangun portable. Jadi, mulai start dibangun oleh FEO di pekerjaan mereka," paparnya.

Desain sirkuit Formula E di Monas. Foto: Dok Pemprov DKI

Chairman Organising Committee (COC) Jakarta E-Prix itu menjelaskan, jika balapan sudah selesai, lintasan aspal yang sudah terpasang tidak perlu dilepas. Sebab pelataran Monas ini jalannya dibuat dari batuan alam bulat.

"(Lintasan) bisa dibongkar, tetapi kalau tidak dibongkar juga tidak apa-apa. Karena cobble stone itu kan bukan resapan. Di bawahnya kan ada semen. Apalagi, kalau pakai kursi roda lewat cobble stone, bisa nggak? Itu kan nggak ramah disabel," jelasnya.

Baca Juga

PDIP Sebut Formula E Tak Dapat Untung, Gerindra: Bukan Kayak Jualan Gado-gado

Sementara sarana infrastruktur lainnya seperti pembatas jalan, kata dia, pihaknya juga sudah menyiapkannya dengan baik. Nantinya, seminggu sebelum dimulainya Formula E yakni 6 Juni 2020, pihaknya baru mulai memasang di jalan-jalan yang sudah menjadi rute perlintasan.

"Terus ada batasnya, kayak barrier, kayak pembatas jalan, itu sudah mulai kita cetak, itu ada cetakannya. Nanti, tinggal seminggu mulai baru kita pasang," tutup dia. (Aps)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH