Buku 'Spare' Ungkap Perkelahian Pangeran Harry dan Pangeran William

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 06 Januari 2023
Buku 'Spare' Ungkap Perkelahian Pangeran Harry dan Pangeran William
Harry menuduh William mendorongnya ke lantai setelah menyebut Markle "sulit", "kasar", dan "tidak sopan". (Foto: YouTube/TalkTV)

PANGERAN Harry akan menerbitkan buku biografinya yang berjudul Spare pada 10 Januari 2022. Meski belum terbit, sebagian isi buku tersebut kadung diketahui oleh publik.

Tak tanggung-tanggung, bocorannya memuat kisah mengejutkan antara Pangeran Harry dan Pangeran William, kakaknya. "Harry menuduh kakak laki-lakinya menyerangnya secara fisik pada 2019 saat mereka bertukar pendapat tentang Meghan Markle, istri Harry," lapor laman Guardian.

The Guardian mengatakan mereka telah mendapatkan salinan awal biografi tersebut sebelum rilis resminya minggu depan. Reuters dan media lainnya juga telah melihat buku tersebut di Spanyol.

Surat kabar Inggris mengatakan bahwa dalam buku yang sangat dinantikan itu, Harry menuduh William mendorongnya ke lantai setelah menyebut Markle "sulit", "kasar", dan "tidak sopan".

Perdebatan memanas hingga William mencengkeram kerah baju Harry. "Merobek kalung saya, dan ... menjatuhkan saya ke lantai," beber The Guardian, mengutip buku tersebut.

Baca juga:

Serial Pangeran Harry dan Meghan Markle Rilis Trailer Pertamanya

Harry terjengkang ke mangkuk anjing. Mangkuk itu retak setelah tertiban punggung Harry. "Potongan-potongannya mengiris saya," kata Harry. "Aku berbaring di sana sejenak, bingung, lalu berdiri dan menyuruhnya keluar."

Harry mengatakan dia menderita sedikit goresan dan memar akibat perkelahian itu. Kata Harry, William meminta Harry untuk balas memukulnya, tetapi Harry menolak melakukannya.

William pergi, tetapi kembali kemudian dan "tampak menyesal". "Dia meminta maaf," ungkap The Guardian. Terkait cerita itu, juru bicara Raja Charles dan Pangeran William menolak mengomentarinya.

Laman Page Six menyebutkan bocoran lain. William dan istrinya, Kate Middleton, ternyata pernah meminta Harry untuk mengenakan seragam Nazi ke pesta kostum pada 2005.

Harry mengatakan, dia memperdebatkan pakaian sebagai pilot atau Nazi untuk pesta bertema "Pribumi dan Kolonial".

Menurut Page Six, William dan Middleton tertawa terbahak-bahak ketika mereka melihat Harry berkostum dengan ban lengan swastika merah.

“Saya menelepon Willy dan Kate, menanyakan pendapat mereka. Seragam Nazi, kata mereka,” tulis Harry."

Harry telah berulang kali meminta maaf atas kostum tersebut dan menyebut keputusan untuk memakainya sebagai salah satu kesalahan terbesar dalam hidupnya.

Baca juga:

Pangeran Harry dan Meghan Markle: ‘Kami bersama Warga Ukraina’

Sejak mundur dari tugas Keluarga Kerajaan, Harry kerap berbagi kisah mengejutkan. Bulan lalu, lewat dokumenter Netflix berjudul Harry & Meghan, Harry mengklaim William membentaknya selama pertemuan keluarga.

Harry pun menuding pejabat istana berbohong untuk melindungi kakak laki-lakinya yang kini menjadi pewaris takhta. Sementara Markle berbicara tentang keinginan untuk mengakhiri hidupnya saat dia berjuang untuk mengatasi liputan pers yang beracun.

Harry dan Markle menuduh kantor pers Keluarga Kerajaan sengaja menyebar cerita negatif tentang mereka di tabloid Inggris. Harry menganggap William telah melanggar perjanjian antara dua bersaudara. Mereka pernah bersumpah tidak akan bertukar cerita negatif tentang satu sama lain kepada pers.

“Saya lebih suka dihancurkan oleh pers daripada 'bermain' bersama dengan 'permainan' atau bisnis perdagangan ini,” kata Harry.

Keretakan Harry dan keluarga Kerajaan terungkap pula dalam bocoran halaman dedikasi di buku Spare yang lebih dulu terbit di Spanyol.

“Untuk Meg, Archie, dan Lili… dan, tentu saja, ibuku,” demikian Harry menulis di halaman dedikasi, seperti dikutip nypost.com

Meg adalah istrinya, sedangkan Archie dan Lili adalah anak Harry. Tak ada nama Raja Charles atau William di situ.

Enggak nyangka, ya, perseteruan Harry dengan kakaknya bisa sesengit itu. Padahal mereka pernah terlihat sangat dekat setelah kematian ibu mereka, Putri Diana, dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.

Keduanya mulai berselisih sejak Harry menikahi Markle, seorang mantan aktris, pada 2018. Pasangan itu kemudian mengundurkan diri untuk tugas kerajaan dan pindah ke California dua tahun kemudian. (kna)

Baca juga:

Pangeran Harry dan Meghan Markle Jadi Target Ujaran Kebencian

#Pangeran Harry #Pangeran William #Kerajaan Inggris
Bagikan
Bagikan