K-Pop

Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 18 November 2020
Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan
Bukti kepopuleran BTS yang bahkan bisa melewati batas persaingan sengit antar agensi di Korea Selatan. (Foto: Baidukimtaehyungbar & Taeholic_v)

BTS memang populer. Tujuh tahun lalu mungkin belum ada yang mengenal RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook yang baru merintis kariernya sebagai idola. Tapi kini hampir semua orang setidaknya pernah mendengar nama grup asal Korea Selatan itu.

Pencapaian demi pencapaian berhasil diraih BTS. Bukan hanya di negara asalnya saja, melainkan juga dalam kancah internasional. Tapi siapa sangka kemasyhuran BTS bahkan melewati batas-batas persaingan sengit antar agensi besar di Korea Selatan. Ini buktinya.

Baca juga:

BTS Menang Banyak di MTV EMA Awards 2020

1. Kyuhyun Super Junior 'dikhianati' staffnya

View this post on Instagram

A post shared by BTS MEMES (@meanyoongi0309)

Super Junior bisa disebut sebagai salah satu grup pionir pada masanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka salah satu boyband yang berjasa membuat K-Pop semakin dikenal di luar negeri. Tapi ternyata pengaruh BTS yang besar membuat staf grup itu terpincut.

Dalam salah satu episode acara Things that Make Me Groove, Kyuhyun sempat mengunjungi ruangan stafnya. Ternyata di sana dia menemukan sesuatu yang mengejutkan. Di atas meja kerja ada banyak foto personel BTS. Mulai dari foto resmi sampai meme BTS yang biasanya dibuat oleh penggemar.

Para staf hanya bisa tertawa malu karena ketahuan menyukai grup agensi lain. Kyuhyun hanya bisa terduduk lemas merasa 'dikhianti' karena stafnya jatuh hati sama BTS.

2. Wajah personel BTS hiasi papan iklan SMTOWN

Ketika seorang idola berulangtahun, fan punya ribuan cara untuk merayakannya. Mulai dari berbagai kegiatan heboh sampai memasang iklan di tempat-tempat tak terduga. Inilah yang terjadi saat tiga personel BTS, Jin, Jungkook, dan V berulangtahun.

Selain memasang foto ketiganya di stasiun atau papan iklan biasa lainnya, ARMY memilih menaruh video maupun foto mereka di papan iklan SMTOWN Coex Artium.

Meski gedungnya bukan milik agensi SM Entertainment, pusat perbelanjaan itu sangat identik dengan berbagai idola jebolan agensi tersebut.

Bahkan penggemar grup SM biasanya akan menyempatkan diri untuk mampir melihat museum, kafe, teater, dan pertokoan SM.

Baca juga:

BTS Raih Music Innovator Awards 2020 Versi Majalah Wall Street Journal

Saat video dan foto ulang tahun V, Jungkook, serta Jin diputar di papan iklan, banyak penggemar yang terkejut. Beberapa memperdebatkan apakah artis selain SM Entertainment diperbolehkan memasang iklan di sana.

Namun karena SM Entertainment hanya menyewa gedungnya, jadi memasang wajah idola lain bukanlah sebuah masalah. Bahkan beberapa warga juga pernah melihat iklan BLACKPINK dalam layar tersebut.

3. Klip video BTS sempat muncul di dokumenter BLACKPINK

Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan
Cuplikan video Blood, Sweat & Tears milik BTS ada di film dokumenter BLACKPINK. (Foto: Big Hit Entertainment)

Beberapa waktu lalu, BLACKPINK baru saja meluncurkan film dokumenter pertamanya bertajuk Light Up the Sky. Dalam dokumenter itu, Blinks dapat melihat sisi lain dari kesuksesan keempat anggota.

Saat membicarakan alasan mengapa BLACKPINK bisa bekerja baik dalam tim, produser dan anggota 1TYM Teddy Park mengatakan bahwa mereka hanya orang Korea yang mencoba bermusik.

"Jadi jika orang Korea membuat musik, itu artinya K-Pop? Saya bahkan tidak mengerti. Ini pop Korea. Satu-satunya hal adalah bahasa. Mengapa mereka tidak melakukan itu untuk setiap negara? Apa itu K-Pop?," tanyanya.

Video kemudian berganti memperlihat berbagai klip artis Korea Selatan populer yang memberi dampak signifikan pada K-Pop. Salah satunya ialah BTS. Cuplikan video BTS saat menampilkan lagu Blood, Sweat & Tears muncul di layar.

Begitu pula dengan beberapa pencapaian mereka. Ada juga video ketika salah satu ARMY memegang spanduk besar Jimin di luar salah satu acara konser BTS.

Meskipun begitu, bukan hanya BTS saja yang mendapat pengakuan. Berbagai idola legendaris seperti Seo Taiji and Boys, Girls' Generation, Big Bang, 2NE1, NCT, Super Junior, hingga Psy juga diakui sebagai trendsetter K-Pop. (sam)

Baca juga:

BTS Borong 4 Piala People's Choice Awards 2020

#K-Pop #BTS #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan