Ramadan 2018

Bukti Kenabian Muhammad saat Dirawat Halimah

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 23 Mei 2018
Bukti Kenabian Muhammad saat Dirawat Halimah
Ilustrasi (Foto: IslamiCity)

RASULULLAH Shallallahu Alaihi Wasalam adalah sebaik-baiknya manusia. Sebagai nabi dan rasul terakhir beliau adalah manusia yang patut dicontoh perbuatannya. Hal ini tertuang dalam Al-Quran surah Al Ahzab ayat 21.

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah".

Nabi Muhammad sendiri sudah memperlihatkan tanda-tanda kenabiannya sejak masih di dalam kandungan. Seperti dikutip dari buku Sirah Nabawiyah karangan Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol'ahji cetakan Maret 2017, Aminah ibu dari Muhammad pernah melihat cahaya yang keluar dari tubuhnya. Karena cahaya itu Aminah bisa melihat Istana Bushra di Syam.

Tanda-tanda kenabian juga muncul ketika Halimah, perempuan dari Bani Sa'ad menjadi ibu susu dari Rasulullah. Tak hanya sekali, Halimah banyak mendapatkan keajaiban ketika Muhammad datang kepadanya.

Apa saja itu? Berikut beberapa keajaiban yang dirasakan Halimah saat menjadi ibu susu Rasulullah.

1. Air susu Halimah menjadi deras

Sebelum memilih Muhammad untuk disusui, air susu Halimah tidak mencukupi. Anak kandung Halimah yaitu Abdullah bin al-Harits kerap menangis karena hal itu. Namun secara tiba-tiba kondisi tersebut berubah ketika Rasulullah yang saat itu masih bayi datang.

Hal ini berdasarkan suatu riwayat yang mengatakan saat Halimah menggendong Muhammad menuju keledai yang ditunggangi, seketika itu air susu Halimah menjadi deras. Halimah langsung menyususui Muhammad dan Abdullah bin Harits hingga keduanya tertidur lelap.

2. Susu unta milik suami Halimah menjadi berlimpah

unta
Unta di gurun. (Foto: Pexels/Syed Hasan Mehdi)

Keajaiban lain adalah berlimpahnya susu unta milik suami Halimah yakni al-Harits bin Abdil Uzza yang dijuluki Abu Kabsyah. Saat itu al-Harits sangat kaget ketika dia masuk ke kandang unta. Unta betina yang sebelumnya tidak menghasilkan susu setetespun seketika mengeluarkan susu.

Halimah berkata: "Dan ketika suamiku pergi melihat unta betina kami, maka ia mendapatinya sedang air susunya penuh. Lalu suamiku mengambil air susunya dan kami minum bersama hingga kami merasa puas dan kenyang."

3. Keledai tua yang ditunggangi Halimah menjadi gesit

Setiap Halimah berpergian ia selalu menggunakan keledai betina tuanya. Termasuk saat Halimah datang ke Makkah untuk memilih Muhammad sebagai bayi yang akan disusui. Keledai yang di tunggangi Halimah begitu lemah.

Namun ketika ia pulang ke daerah Bani Sa'ad keledai yang tadinya lemah berumah menjadi gesit. Hal itu membuat orang-orang yang pergi bersama Halimah menjadi heran. "Hai anak perempuan Abi Duaib, lihatlah kami. Tidakkah ini keledaimu yang kamu tunggangi sebelumnya? Demi Allah keledaimu sekarang lain daripada yang lain."

4. Hewan ternak yang menjadi kenyang

kambing
Hewan ternak menjadi lebih kenyang. (Foto: Pexels/DoDo PHANTHAMALY)

Daerah yang ditinggali oleh Bani Sa'ad sangatlah gersang. Di sana sangat sulit ditumbuhi tumbuhan untuk dimakan oleh hewan ternak. Anehnya, kambing milik keluarga Halimah selalu pulang dalam keadaan kenyang dan puting susu yang penuh susu.

Hal itu membuat para tetangga Halimah menyuruh pengembala kambing mereka untuk mengembala di mana kambing-kambing milik halimah digembalakan. Sayangnya, berbeda dengan kambing milih Halimah, kambing mereka pulang dalam keadaan masih lapar dan puting tidak berisi susu setetespun.

5. Perut dan dada Muhammad dibelah namun masih hidup

Sesuatu yang aneh terjadi ketika Muhammad masih dirawat oleh Halimah. Abdullah bin al-Harits lari tergopoh-gopoh sambil mengatakan kalau Muhammad dibawa oleh orang berpakaian putih. Kemudian orang itu membelah dada dan mengacak-acak isi perut Muhammad. Mendengar kata-kata itu Halimah panik dan langsung mencari Muhammad.

Ia mendapati Rasulullah dalam keadaan lemas dan pucat. Sama seperti saudara sepersusuannya Abdullah bin al-Harits, Muhammad mengatakan kalau tubuhnya telah dibelah oleh seseorang yang berpakaian putih. "Aku dibaringkan dan perutku dibelah, terakhir keduanya menaruh sesuatu ke dalam perutku, namun aku tidak tahu apa itu," ucap Muhammad seperti yang diriwayatkan Halimah.

Itulah lima peristiwa ajaib yang terjadi saat Rasulullah tinggal bersama Halimah. Rasulullah sendiri dirawat oleh Halimah selama 4 tahun. Setelah itu Muhammad dikembalikan ke ibunya Aminah. (yani)

#Muhammad #Islam #Nabi Muhammad
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan