Bukit Sentono Genthong, Pertapaan yang Disulap jadi Destinasi Wisata Bukit Sentono Genthong di Pacitan Jawa Tengah. (Foto: pacitanku)

KABARNYA Bukit Sentono Genthong dahulunya merupakan petilasan pertapaan. Bisa jadi terkikis modernisasi sudah ditinggalkan oleh orang. Maka kemudian Bukit Senthono Genthong berubah menjadi tujuan wisata di wilayah Pacitan, Jawa Tengah.

Tujuan wisata yang ada di Dusun Dadapan, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku itu dikelola sendiri oleh pemerintah desa dengan dukungan dari pemerintah Kabupaten Pacitan. Cerita yang beredar di masyarakat, dahulu terdapat tulang dan gentong berisikan air di kawasan tersebut. Adapula yang menyebut bahwa kawasan ini berisikan cerita tumbal untuk Pulau Jawa.

bukit sentono genthong
Melihat panorama alam Pacitan. (Foto: halopacitan)

Letak Sentono Genthong ini berada di puncak bukit jurang karang yang menyajikan panorama alam yang penuh pesona. Dari sini kita bisa melihat Kota Pacitan dengan jelas. Kemudian teluk Pacitan dan Gunung Limo melengkapi pesona alam panorama Bukit Sentono Genthong.

Bukit Sentono Genthong ini berada di jalur Pacitan – Solo dan sangat mudah mencapainya. Kawasan wisata ini sudah dikenal oleh warga lokal. Cuma karena dikelola oleh pemerintah desa, akses jalan masuk masih belum memadai. Hanya dengan uang Rp10 ribu sudah dapat menyaksikan pesona alam sekelilingnya.

bukit sentono genthong
Memandangi alam perkotaan, laut dan gunung. (Foto: pacitanku)

Waktu terbaik mengunjungi Sentono Genthong ini adalah pada pagi hari ketika matahari terbit. Sinar lampu dari Kota Pacitan dengan awan tipis menyelimutinya memberikan suasana syahdu. Sedangkan sinar mentari yang jingga di pagi hari membuat diri kecil dalam ciptaan Yang Maha Kuasa. Belum lagi Teluk Pacitan yang terlihat biru dengan buih ombak dikejauhan semakin membuat panorama alam Bukit Sentono Genthong tiada duanya.

Bukit Sentono Genthong menjadi arena Liga Seri 3 Paralayang pada bulan Mei lalu. (psr)

Baca juga artikel wisata lainnya: Ini Tips Agar Akhir Pekanmu di Bogor Lebih Berwarna

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH