Bukit di Kaki Gunung Rinjani Longsor Akibat Gempa 6,5 SR Danau Segara Anak Gunung Rinjani, Lombok. (pinterest)

Merahputih.com - Area perbukitan di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat yang berada di kaki Gunung Rinjani mengalami longsor pascagempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang terjadi Minggu (19/8) siang sekitar pukul 12.10 Wita.

"Gempa lagi, pas keluar rumah, saya lihat dari kejauhan sepertinya ada longsor di bukit," kata Rusmala, salah seorang warga Dusun Sembalun Lawang seperti dikutip Antara.

Setelah dia perhatikan, ujarnya, lokasi longsor diperkirakan terjadi di kawasan perbukitan Anak Dara, Pergasingan, dan Telaga. "Debunya masih mengepul di area bukit, tebal," ujarnya.

Pemandangan Bukit Pergasinga (Instagram@azwaranassr)

Wartawan yang berada di Kota Mataram turut merasakan guncangan gempa bumi yang episentrumnya hampir mirip dengan kekuatan 6,4 SR pada 29 Juli lalu.

Sekitar lima detik, bumi terasa bergoyang pelan seperti alunan ombak di laut. Warga yang sebelumnya sudah berani diam di dalam rumah, kembali berhamburan keluar dengan wajah paniknya.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada pada 8.24 lintang selatan, 166.66 bujur timur, atau 32 kilometer timur laut Kabupaten Lombok Timur, dengan kedalaman 10 km.

Gempa berkekuatan 6,5 SR tersebut terjadi empat menit setelah gempa berkekuatan 5,4 SR pukul 12.06 WITA yang berlokasi di 8.29 lintang selatan, 116.62 bujur timur atau 25 km arah timur laut Kabupaten Lombok Timur dengan kedalaman 10 km. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH