Bukit Bambu Bisa Jadi Tempat Wisata Alternatif di Cirebon

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 11 Desember 2019
Bukit Bambu Bisa Jadi Tempat Wisata Alternatif di Cirebon
Bukit Bambu di Cirebon (Foto: MP/Mauritz)

MUSIM liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 sebentar lagi akan tiba. Banyak orang akan memilih untuk berwisata dan berekreasi ke tempat-tempat wisata untuk mengisi liburan, baik itu ke pantai, pegunungan, maupun wisata lainnya.

Tapi karena bingung ingin berwisata ke mana, tempat yang kamu kunjungi jadi itu-itu saja. Nah, kalau mau mencoba berwisata ke tempat yang fresh dan segar, tidak ada salahnya datang ke wisata edukasi di musim liburan. Meskipun judulnya adalah edukasi, jangan berpikir akan membuat pusing seperti pelajaran di sekolah.

Baca juga:

Siap Nikmati Seluruh Wisata Cirebon? Ini Jalur Khusus Destinasinya

Di Cirebon sendiri, tepatnya di Jalan Raya Beber, Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, menghadirkan wisata baru yang lebih segar dan mengedukasi, serta bisa mengisi waktu liburan, yakni Bukit Bambu. Kamu bisa berlibur sekalian belajar tentang bambu dan manfaatnya.

Bisa bermain sambil belajar (Foto: MP/Mauritz)
Bisa bermain sambil belajar (Foto: MP/Mauritz)

Meskipun menggunakan nama Bukit Bambu, tidak melulu soal bambu saja. Ada juga berbagai tanaman lainnya yang juga bisa ditanam langsung oleh pengunjung. Di sini, disediakan lahan yang bisa digunakan khusus untuk berkebun.

Caranya pun cukup mudah, yakni hanya menggunakan media tanaman organik dari sisa sayuran, memanfaatkan kotoran kuda dan hewan ternak lainnya untuk dijadikan pupuk, disertai matahari dan air yang cukup. Selain teredukasi, pengunjung juga bisa membuat hasil panen menjadi segar dan sehat dengan cara yang alami dan bebas bahan kimia.

Baca juga:

Pesona GKI Indramayu, Gereja Tertua di Indramayu

Cocok sebagai wisata alternatif (Foto: MP/Mauritz)
Cocok sebagai wisata alternatif (Foto: MP/Mauritz)

Jika lapar pengunjung juga bisa menyantap olahan rebung, yakni tunas bambu yang masih muda, dan masih bisa dikonsumsi, sebelum tumbuh besar menjadi batang bambu. Masuk musim penghujan kali ini, ada menu seasonal dari berbagai macam olahan rebung seperti acar rebung manis, nasi rebung, dan sup rebung.

Kalau pengunjung bosan berkebun, maka disediakan juga peternakan yang bisa dijadikan sebagai tempat bermain sambil belajar. Pengunjung dapat melakukan kegiatan edukasi meliputi mengenal lingkungan hidup, hewan ternak, menunggang kuda sambil mengenal perilaku kuda, serta kegiatan seni rupa melukis.

Dengan demikian, tempat ini cocok buat masyarakat Cirebon yang tidak ingin pergi jauh-jauh untuk berwisata, namun bisa menikmati wisata alam dan mengandung nilai edukasi. Tapi kalau kamu berasal dari luar Cirebon jug abisa kok mampir.

Tulisan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Barat.

Baca juga:

Wisata Religi di Petilasan Sunan Kalijaga, Cirebon

#Wisata Cirebon
Bagikan
Bagikan