Bukan Warna Merah Muda dan Biru, Warna Monokrom Miliki Pengaruh Dahsyat Bagi Penglihatan Si Kecil Warna monochrome miliki efek dahsyat bagi visual anak (Sumber: The Millennials Mama)

KETIKA si kecil lahir, para orang tua begitu semangat mendandani anaknya dengan warna-warna cerah nan menggemaskan. Warna merah muda untuk bayi perempuan dan warna biru untuk bayi laki-laki. Tak hanya untuk pakaian, dekorasi kamar pun dibuat serasi mungkin dengan pernak pernik si bayi.

Kendati demikian, warna tidak hanya memainkan peran penting dalam estetika keseluruhan ruangan tetapi juga dapat memengaruhi suasana hati, kestabilan emosi, produktivitas hingga perilaku seseorang. Penting bagi para orang tua untuk mempertimbangkan warna yang tepat bagi kamar tidur si kecil. Pertimbangan tersebut tidak hanya berkaitan dengan selera dan keinginan orang tua.

Baca Juga:

Kalimat Positif Berikut Ternyata Berbahaya Untuk Anak

Warna Monochrome
Kamar bernuansa monokrom (Sumber: Amazon)

Warna cerah bukanlah warna yang sempurna untuk bayi. Sebaliknya, warna-warna monokrom seperti putih, hitam dan abu-abu justru warna sempurna untuk anak kecil. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Smith-Kettlewell Eye Research Institute, dalam beberapa bulan pertama kehidupan, bayi yang baru lahir hanya dapat melihat dalam nuansa hitam, putih dan abu-abu. Fakta tersebut membuat skema warna monokrom yang dihiasi bentuk kontras dapat membentuk stimulasi visual terbaik untuk bayi.

Kontras visual yang tinggi antara hitam dan putih di kamar bayi serta mengaplikasikan dua warna tersebut dalam berbgaia bentuk dan pola mengirimkan sinyal visual terkuat ke otak bayi. Lebih lanjut, sinyal yang kuat berdampak pada pertumbuhan otak dan perkembangan visual yang lebih cepat.

Baca Juga:

Salah Pola Asuh Hancurkan Kepercayaan Diri Anak

kamar anak monochrome
Kamar anak monokrom (Sumber: Decoist)

Dengan kata lain menciptakan kamar bayi monokrom untuk tiga bulan pertama kehidupannya memberikan lingkungan yang merangsang secara visual dan meningkatkan rasa ingin tahu mereka. Dampak penggunaan warna monokrom di masa depan si bayi adalah dapat meningkatkan memori dan pengembangan sistem saraf.

Jika tak ingin repot-repot mengganti furnitur atau mengecat kamar cobalah alas tidur, karpet dan sarung bantal dengan pola hitam dan putih yang kontras untuk kamar bayi. Pakaian bayi berwarna monokrom juga bisa dijadikan alternatif yang tepat untuk mereka. (avia)

BACA JUGA: Baby Walker Berbahaya Bagi Anatomi Kaki Si Kecil

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH