Bukan untuk Bunuh Tokoh Nasional, Ini Tujuan Kivlan Zen Beri Uang ke Iwan Tersangka kasus dugaan makar Kivlan Zen saat mendatangi Bareskrim untuk jalani pemeriksaan lanjutan (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Tersangka kasus pengancaman pembunuhan, Kivlan Zen membantah sudah menyuplai dana kepada sejumlah pelaku untuk membunuh empat tokoh nasional dan seorang pimpinan lembaga survei.

Melalui pengacara hukumnya, Kivlan Zen menyebutkan bahwa uang yang dituduhkan tersebut alamatnya untuk aksi demonstrasi peringatan Surat Perintah 11 Maret (Supersemar). Dengan demikian, pengakuan HK alias Irwan sangat berlawanan dengan cerita aslinya.

"Iwan di kasih dana oleh pak Kivlan untuk demo momentum, baik itu supersemar, anti-PKI. Kemudian entah dilaksanakan atau tidak demonya, Iwan ini menghilang, lalu dicari dan kemudian tiba-tiba kasus ini muncul seperti ini," jelas Kuasa Hukum Kivlan Zen, Muhammad Yuntri dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (15/6).

Karena hal itu, Yuntri meminta pihak polisi untuk membeberkan bukti pembelian senjata api hingga gelar perkara atas kasus yang dituduhkan kepada kliennya, yakni kepemilikan senjata api ilegal.

Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)
Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)

Baca Juga: Bantah Keterangan Iwan, Pengacara Kivlan Zen: Ceritanya Berbanding Terbalik

"Tuduhan-tuduhan tentu ada ukurannya, ada ujinya. Gelar saja perkara kalau mereka mengaku ini ada suatu bukti sehingga Pak Kivlan bisa dijadikan tersangka. Kan kita uji terbuka dong, jangan sampai berdasarkan subjektivitas polisi saja," ujarnya.

Yuntri menambahkan, polisi bisa melanggar hukum jika tidak membeberkan bukti dan menggelar perkara secara terbuka yang akibatnya aparat penegak hukum bisa diartikan telah menafsirkan pidana.

Nama Kivlan juga diseret dalam rencana pembunuhan kepada empat tokoh nasional, yakni Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, serta Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere.

Pengakuan para tersangka terkait kerusuhan 22 Mei mengungkapkan bahwa Kivlan merupakan pengorder pembunuhan kepada empat tokoh tersebut. Namun, pengakuan tersebut langsung dibantah oleh tim hukum Kivlan yang mengklaim bahwa justru kliennya yang menjadi target pembunuhan. (Knu)

Baca Juga: Motif Kivlan Zen Incar Nyawa Yunarto Wijaya Versi Ahli Intelijen


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH