Bukan Satu, MALIQ D’Essentials Aransemen Tiga Lagu Ciptaan Ahmad Dhani

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 04 Agustus 2021
Bukan Satu, MALIQ D’Essentials Aransemen Tiga Lagu Ciptaan Ahmad Dhani
MALIQ D'Essentials aransemen ulang lagu Ahmad Dhani. (Foto: Instagram/@maliqmusic)

SETELAH Pamungkas dan Yura Yunita, kini giliran MALIQ & D’Essentials yang membawakan ulang lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani. Bukan hanya satu, ada tiga lagu dari Dewa 19 yang dibawakan, yaitu Aku Disini Untukmu, Kamulah Satu-satunya dan Aku Cinta Kau dan Dia.

Bukan tanpa sebab, band beranggotakan Angga, Indah, Widi, Jawa, Lale, dan Ilman diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam rencana besar kenduri selamatan ke-30 dari Dewa 19 yang digelar pada 2022 mendatang.

Baca juga:

4 Lagu Indo Super Ngenes Untukmu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan

Dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih pada Rabu (4/8). Ahmad Dhani mengaku, MALIQ menjadi salah satu musisi yang masuk dalam radar panitia kecil perayaan tersebut. Ia juga sangat puas dengan hasil dari lagu-lagu aransemen ulang oleh mereka.

“Ternyata MALIQ bisa mengubah lagu-lagu Dewa 19 menjadi sesuatu yang berbeda daripada lagu aslinya. Sehingga tidak hanya menjadi lagu cover biasa karena yang dihindari menjadi lagu cover biasa. Alhamdulillah sampai saat ini artis-artis yang kami pilih artis yang kreatif sehingga lagu yang dinyanyikan menjadi cover tak biasa,” ungkap Ahmad Dhani.

Pertemuan antara kolaborator ini berawal pada Mei 2021, setelah menjalani latihan untuk menentukan lagu ciptaan Ahmad Dhani mana yang sesuai. Tiga lagu inilah yang dirasa paling tepat dengan karakter band.

Akhirnya terpilihlah tiga lagu yang diambil dari album Pandawa Lima dari Dewa 19 dan Ideologi Sikap Otak yang menghiasi karier bermusik Ahmad Dhani ketika membentuk Ahmad Band.

Baca juga:

Pahit Manis Kehidupan Tertuang dalam Debut Album Mariani Oelong

Bagi MALIQ sendiri, mengaransemen ulang lagu-lagu yang sudah lebih dulu populer memiliki tantangan tersendiri. Bak rezeki yang membahagiakan, sekaligus membuat hati para personelnya berdebar karena lagu-lagunya sudah mendekati sempurna.

“Jadi, kayak ada beban untuk, gimana caranya bisa bikin lagu enak dari lagu yang udah enak. Harapannya, lagu-lagu yang kita aransemen ulang ini bisa diterima oleh banyak orang untuk Baladewa dan D’Essentials. Semoga bukan cuma dapat esensi lagunya Ahmad Dhani, tetapi juga esensi dari lagu-lagunya MALIQ,” Ucap Lale.

Proses rekaman, mixing, dan mastering ketiga lagu dilakukan MALIQ di studio rekaman musik mereka, kecuali untuk mastering Aku Disini Untukmu dan Kamulah Satu-satunya digarap oleh Dimas Pradipta. Pemain trumpet yang kerap hadir di panggung MALIQ, Jordy Waelauruw juga berkontribusi menyumbangkan nafasnya di lagu Aku Disini Untukmu.

“Jika ini lari estafet, Ahmad Dhani tak pernah meleset saat memberikan tongkat ke pemain lain. Namun, musik bukanlah perlombaan meskipun ceritanya selalu berangkat dari garis awal. Sekencang-kencangnya gerakan kaki, ada yang perlu diseimbangkan. Dewa 19 hidup dalam keabadiaan, dan sekarang giliran MALIQ & D’Essentials,” tutup Lale. (far)

Baca juga:

7 Lagu Populer Dunia Ini Ternyata Memiliki Makna Terselubung Di Dalamnya

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan