Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen 'Esports' dengan Total Hadiah Fantastis Hadiah turnamen esports yang fantastis ini bisa bikin kaya mendadak (Foto: Twitter @dota2)

ESPORTS atau olahraga elektronik menjadi topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini, mulai dari bentuk permainannya sendiri hingga turnamen-turnamen itu sendiri. Pasca megahnya turnamen Mobile Legends Bang Bang yang bernama Piala Presiden Esports mencapai Rp1.5 Miliar.

Akan tetapi, Mobile Legends Bang Bang atau yang biasa disingkat MLBB bukanlah satu-satunya event turnamen esports yang berhasil menyentuh dengan total hadiah miliaran. Berikut daftar lima game esports dengan total hadiah untuk turnamennya menyentuh angka fantastis!

1. Defense of the Ancients 2 (DotA 2): USD 177,365,705

Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen Esports dengan Total Hadiah Fantastis
Menduduki Posisi Pertama, Total Hadiah Turnamen Dota 2 Mencapai USD 24.7 Juta (Foto: Twitter @wykrhmreddy)

Dota merupakan game yang berasal dari modifikasi secara custom dari Warcraft III: Reign of Chaos dan ekspansinya yaitu The Frozen Throne. Game yang dirilis pada tahun 2013 ini sebelumnya sudah melakukan turnamen perdananya pada tahun 2011 dan 2012.

Pihak pengembang yaitu Valve Corporation tidak tanggung-tanggung membuat turnamen yang bernamakan The International dengan total hadiah yang selalu melebihi jutaan dollar.

Pada The International 2014 total hadiah yang meroket ini dikarenakan pihak pengembang atau Valve membuat sebuah konten yang dijual didalam game dimana para pemain bisa turut menyumbangkan sebagian persen dari setiap pembelian konten tersebut.

Baca Juga:

Gagal ke Disneyland Paris, 2 Tim Dota Indonesia Harus Menempuh Jalan Panjang untuk "Comeback"

BOOM ID Selangkah Lebih Dekat menuju MDL Disneyland® Paris Major

Konten tersebut berupa kosmetik atau sekedar kostum didalam game, karena bentuknya terbilang limited edition dan item yang hanya akan dijual pada event The International itu setiap tahunnya maka para pemain tentu tertarik membelinya dan tidak terduga jika sebagian persen hasil penjualan itu sudah menyentuh angka puluhan juta dollar.

Konon, dari setiap event The International akan selalu ada kosmetik yang sangat langka dan harga kosmetik atau item tersebut bisa menyentuh harga jutaan rupiah. The International 2018 masih dijuluki sebagai turnamen dengan total hadiah terbesar sepanjang sejarah esports.

2. Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO): USD 73.546.314

Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen Esports dengan Total Hadiah Fantastis
CS:GO Versi Paling Mutakhir dari Counter-Strike Series. (Foto: counter-strike.net)

Masih dengan pengembang yang sama yaitu Valve Corporation, Counter-Strike: Global Offensive merupakan seri terbaru dari Counter-Strike Series.

Rilis tahun 2012 dengan turnamen perdananya yaitu Copenhagen Games 2012, CS:GO dijuluki sebagai game FPS dengan total hadiah yang stabil setiap tahunnya dari 2017 sampai 2019 di angka 1 sampai USD1.6 juta.

Turnamen CS:GO terakhir dengan total hadiah tertinggi adalah WESG 2016 dan WESG 2017 dengan jumlah USD 1,6 Juta.

3. League of Legends: USD 64.778.534

Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen Esports dengan Total Hadiah Fantastis
League of Legends Pernah Menghadiahi Pemainnya dengan Total Hadiah Rp92 Miliar (Foto: leagueoflegends.com)

League of Legends (LoL) merupakan game yang dikembangkan oleh Riot Games yang dirilis lebih dulu sebelum DotA yaitu pada tahun 2009.

Terinspirasi dari custom map Defens of the Ancients dari Warcraft III game ini tentu menyerupai game kompetitornya sebagaimana dasar-dasar game ini bertemakan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Seri yang diselenggarakan langsung oleh Riot ini dinamakan sebagai LoL World Championship. World Championship sendiri dimulai dengan nama Season 1 Championship dengan total hadiah senilai USD 98.500 atau setara dengan Rp702 juta dengan nilai tukar rupiah tahun 2011.

Baca Juga:

Perjalanan Tim EVOS Esports Raih "Double Winner" di Ajang ESL Indonesia 2019

IEL University Series Season 1 akan Memasuki Grand Final

Dikarenakan Season 1 Championship menuai antusias yang cukup besar dari berbagai pemain yang dimana season 1 ini dianggap sebagai sesi uji coba dan total hadiah yang tidak sampai USD 100.000, Riot Games langsung mengumumkan jika pada season-season berikutnya akan menghadiahi pemain dengan total hadiah 2 juta USD.

Turnamen LoL dengan total hadiah terbesar yang terakhir adalah LoL 2018 World Championship dengan total hadiah senilai USD 6.45 juta atau setara dengan Rp92,2 miliar.

4. Starcraft II Total Hadiah yang Diberikan: USD 29.961.361

Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen Esports dengan Total Hadiah Fantastis
Turnamen game perang futuristik dengan total hadiah Rp10 Miliar (Foto: starcraft2.com)

Game yang bertemakan Science Fiction Real-Time Strategy yang dimainkan dengan satu lawan satu ini merupakan game yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment.

Starcraft sendiri merupakan game series dimana game seri pertama ini telah beberapa kali memenangkan Video Game Award di era 1998. Starcraft 2 rilis pada tahun 2010 dan turnamen pertamanya bernama TeamLiquid SC2 Invitational 1 dengan hadiah senilai USD 500.

Sebagaimana Blizzard Entertainment dikenal sebagai developer yang pandai maintain komunitas pemainnya mulai dari 2011 turnamen resmi Starcraft yang diselenggarakan resmi oleh Blizzard tidak pernah menyentuh kurang dari USD 150 ribu .

Sejak WCS 2016 Global Finals, hadiah yang ditawarkan oleh Blizzard senilai 500 ribu USD dan terakhir WCS 2018 Global Finals menghadiahi pemainnya dengan total hadiah senilai USD 700 ribu atau setara dengan Rp10 miliar.

5. Fortnite Total Hadiah yang Diberikan: USD 23.558.530

Bukan Mobile Legends, Inilah 5 Turnamen Esports dengan Total Hadiah Fantastis
Total hadiah untuk turnamen internasional Fortnite mencapai Rp57.2 Miliar (Foto: epicgames.com)

Fortnite merupakan game berjenis Battle Royale yang dikembangkan oleh Epic Games dan People Can Fly. Game kompetitor dari Playerunknown's Battlegrounds (PUBG).

Game yang dirilis setelah viralnya PUBG ini berhasil memecahkan rekornya dengan menyentuh jumlah total turnamen yang telah diadakan dengan total hadiah lebih dari USD 20 juta terlebih dahulu ketimbang PUBG yang hanya USD 9.5 juta.

Baca Juga:

PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar

Fortnite memiliki tema jika setiap musim mereka akan mengadakan turnamen mereka sendiri. Fall, Summer dan Winter Skirmish Series merupakan seri turnamen yang total hadiahnya stabil di angka USD 500 ribu.

Namun, pada Fall Skirmish Series 2018 lalu total hadiah yang ditawarkan adalah senilai USD 4 juta atau setara dengan Rp57.2 miliar dan turnamen tersebut menjadi turnamen dengan total hadiah tertinggi dalam sejarah Fortnite. (riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya