Kesehatan Mental
Bukan Masalah Utama, Burnout hanya Penyampai Pesan Sebelum burnout terjadi, kamu abaikan suara kecil yang memberi tahu "berhenti". (123/paylessimages)

PERNAHKAH kamu berada dalam situasi 'mogok' untuk melakukan sesuatu yang telah dilakukan ratusan kali? Tidak ada alasan yang jelas kamu harus merasa demikian pada saat itu.

Jika kamu merasa seperti ini tentang kehidupan secara umum, kamu mungkin mengalami depresi dan harus mencari pertolongan medis. Jika kamu merasa seperti ini tentang satu area tertentu dalam hidup, seperti pekerjaan maka kamu mungkin mengalami burnout, semacam kelelahan emosional.

Sebelum kamu berniat mendiamkannya saja, ada yang perlu kamu ketahui. Burnout tidak mungkin mereda atau hilang dengan sendirinya. Kondisi ini memiliki fungsi penting sebagai naluri bertahan hidup yang mengingatkan kamu untuk mengubah situasi yang buruk.

BACA JUGA:

Toxic Masculinity, ketika Laki-Laki Dituntut Selalu Gagah

Sebelum burnout terjadi, kamu melewati hari dengan mengabaikan suara kecil yang memberi tahu "berhenti". Seiring waktu, kamu memaksakan diri melalui kesulitan yang lebih besar dan lebih besar. Segera, suara kecil itu berubah menjadi beban tak terlihat. Kamu mungkin tidak dapat menjelaskan alasannya. Inilah yang membuatnya lebih buruk.

Burnout seperti instruksi internalmu, kondisi ini muncul sebagai pengingat dan akan terus menyampaikan pesan, walaupun kamu mengabaikannya. Bukannya mereda, abai hanya akan membuat meningkat.

burnout
Burnout seperti instruksi internalmu, kondisi ini muncul sebagai pengingat. (123RF/alphaspirit)

"Mengabaikannya adalah sebuah kesalahan, bahkan (dan terutama) jika kamu tidak berpikir memiliki alasan yang "baik" untuk merasa lelah. Seperti semua sinyal internal, ia mengirimkan informasi penting tentang keinginan dan kebutuhan kita," ujar Lindsay Staples, Ph.D., psikolog klinis berlisensi di AS dalam artikelnya di Psychologytoday.com (18/8).

Psikolog yang fokus bidangnya di anxiety, trauma, dan OCD ini menjelaskan, burnout disebabkan dua jenis pembelajaran emosional: pengkondisian rasa takut dan ketidakberdayaan yang dipelajari.

"Pengkondisian rasa takut menyebabkan dorongan untuk melarikan diri. Ketika kamu mengambil sinyal netral (seperti melihat pintu kantor bos), dan kamu menghubungkannya dengan sesuatu yang tidak menyenangkan (seperti kritik terselubung), tubuh akan belajar untuk takut pada sinyal itu. Ini adalah bagaimana kita ingat untuk menghindari rasa sakit," Staples menjelaskan.

Ketidakberdayaan yang dipelajari menyebabkan dorongan untuk menyerah. "Kamu mungkin pernah mendengar tentang eksperimen terkenal (Overmier & Seligman, 1967), yang menemukan bahwa ketika anjing berulang kali terkena serangan yang tidak menyenangkan sehingga mereka tidak dapat melarikan diri, mereka berhenti mencoba dan berbaring. Ini karena anjing tidak bodoh. Memboroskan sumber daya untuk tugas yang mustahil adalah hal yang sia-sia," ujarnya.

Perasaan yang mengganggu dan tidak nyaman ini memiliki misi untuk membantumu. Emosimu mencatat frustrasi dan penghinaan kecil, bahkan jika kamu tidak. Cara terbaik untuk menghilangkan perasaan itu adalah dengan melakukan apa yang diminta: temukan masalahnya dan perbaiki.

BACA JUGA:

Susahnya Tidur di Masa Pandemi

Cara Deteksi Pesan yang Disampaikan

burnout
Perasaan yang mengganggu dan tidak nyaman ini memiliki misi untuk membantumu. (123RF/bialasiewicz)

Kamu mungkin mengalami kelelahan karena seseorang di tempat kerja, jadwal yang tidak seimbang, budaya kerja yang tidak sehat, batasan yang tidak jelas, kurangnya penghargaan atau dorongan, tugas yang membuat frustrasi, atau kurangnya kemajuan dalam mencapai tujuan.

Staples menyarankan kamu untuk "berkonsultasi" dengan burnout-mu, bukan ke internet, untuk mengidentifikasi apa yang menghabiskan emosimu. Pilih beberapa kali sepanjang hari untuk mendokumentasikan hal-hal berikut:1. Situasi: Apa yang terjadi ketika kamu menyadari perasaan itu muncul atau memburuk? (misalnya, sebelum rapat tim hari Senin).2. Pikiran: Apa yang kamupikirkan saat itu? (misalnya, "tidak ada yang menyenangkannya.")3. Sensasi fisik: Apa yang kamu perhatikan di tubuhmu? (misalnya, berat badan, ketegangan, jantung berdetak lebih cepat).4. Perilaku: Apa yang kamu lakukan? (misalnya, hindari tugas; membela diri saat dikritik)5. Peringkat burnout: Berikan 1-10. (misalnya, 1 adalah "Hampir tidak ada burnout", 10 adalah "Saya siap untuk berhenti sekarang.")

Berikan satu atau dua minggu dan kemudian lihat kembali polanya. Apakah menjadi lebih buruk ketika kamu mencoba tugas tertentu? Apakah tiba-tiba menjadi sedikit lebih baik jika seseorang keluar dari kantor untuk hari itu?

Ketika kamu mengidentifikasi faktor atau serangkaian faktor yang terkait dengan burnout, maka mudah-mudahan kamu dapat membuat perubahan. Mungkin kamu bisa mengalihkan rapat dari jadwal pertama Senin pagi. Mungkin kamu dapat mendelegasikan, mengidentifikasi hambatan, atau melepaskan proyek yang tidak menuju ke mana-mana. Mungkin kamu bisa dengan sopan membuat jarak dari rekan kerja itu.

Jika masalahnya benar-benar di luar kendalimu, atau konsekuensi dari membuat perubahan kecil sekalipun tidak sepadan (misalnya, jika kamu menetapkan batasan apa pun, kamu akan dipecat), maka tugasmu adalah menemukan cara untuk mengurangi atau menerima keadaan.

Alokasikan sumber daya Anda untuk upaya yang lebih bermanfaat. Dan jika semuanya gagal, rencanakan "langkah seribu", bahkan jika kamu tidak dapat berhenti dalam waktu dekat. Hormatilah nalurimu agar burnout hari ini tidak menjadi depresi dan "ledakan" esok hari. (aru)

BACA JUGA:

Tanda Seseorang Menderita Anoreksia Nervosa

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kangen Nge-Gigs? Berikut Hajatan Musik Paling Ditunggu Sepanjang 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Kangen Nge-Gigs? Berikut Hajatan Musik Paling Ditunggu Sepanjang 2022

Ramai gelaran festival musik Indonesia 2022.

Rachel Zegler Tak Diundang Menghadiri Oscar Tahun ini
ShowBiz
Rachel Zegler Tak Diundang Menghadiri Oscar Tahun ini

Rachel Zegler harus menonton Oscar dari sofa saja.

Netflix Hentikan Layanan Streaming di Rusia
Fun
Netflix Hentikan Layanan Streaming di Rusia

Netflix menyusul langkah yang dilakukan oleh beberapa layanan streaming lain.

Harga BBM di AS Naik Drastis, Polisi Kurangi Patroli
Hiburan & Gaya Hidup
Harga BBM di AS Naik Drastis, Polisi Kurangi Patroli

Kepala Kepolisian pastikan warga tetap aman dan nyaman.

MUFFEST+ 2022 Dorong Potensi Industri Halal Indonesia
Fun
MUFFEST+ 2022 Dorong Potensi Industri Halal Indonesia

Potensi industri halal di Indonesia akan terus melesat setiap tahunnya.

Cara Lee Hye-ri Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
ShowBiz
Cara Lee Hye-ri Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Sebelumnya, ia lebih memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji.

UNICEF Bantu Remaja Putri Indonesia Hadapi Menstruasi Pertamanya
Fun
UNICEF Bantu Remaja Putri Indonesia Hadapi Menstruasi Pertamanya

UNICEF bantu remaja putri hadapi menstruasi

Alasan Agensi K-Pop Jarang Membuat Grup Campur Gender
ShowBiz
Alasan Agensi K-Pop Jarang Membuat Grup Campur Gender

Alasan kurang sukses dan adat ketimuran, agensi tidak pernah membuat grup campuran.

Seri Podcast Pertama Metallica Kupas Tuntas 'Black Album'
ShowBiz
Seri Podcast Pertama Metallica Kupas Tuntas 'Black Album'

episode pertama podcast bernama 'The Metallica Podcast' itu akan membahas tuntas tentang album mereka, Black Album dengan usia 3 dekade

5 Fakta Menarik Tentang Segitiga Bermuda, Tempat Paling Misterius di Bumi
Fun