Bukan Lagi Changi Airport, Kini Bandara Hamad Qatar Jadi yang Terbaik di Dunia

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 13 Agustus 2021
Bukan Lagi Changi Airport, Kini Bandara Hamad Qatar Jadi yang Terbaik di Dunia
Bandara Internasional Hamad berhasil mengungguli Bandara Changi sebagai yang terbaik di dunia. (Foto: Instagram/@hiaqatar)

SELAMA delapan tahun terakhir, gelar bandar udara terbaik di dunia selalu dipegang oleh Singapore Changi Airport. Berbagai fasilitas dan inovasi yang ada di dalamnya begitu modern sehingga menjadikan mereka yang paling unggul. Namun, di tahun 2021 Changi harus merelakan rekor bertahun-tahunnya untuk bandara udara lain.

Tahun ini Skytrax Annual World Aiport Awards jatuh pada Hamad International Airpot Qatar. Bandara Internasional Hamad di Doha tersebut baru dibuka pada 2014, namun peringkatnya langsung meningkat sejak saat itu.

Hanya dalam enam tahun, bandara itu langsung menduduki peringkat terbaik ketiga di dunia. Dan kini, meskipun pandemi COVID-19 menghantam seisi dunia, Hamad International Aiport justru bisa mengeluarkan sisi terbaiknya.

Baca juga:

Menayangkan Film Internasional, Bandara di Lituania diubah Menjadi Bioskop Drive-in

Ketika semua bandara mengalami kesulitan karena keterbatasan perjalanan, Hamad tetap bergerak. "Karena pusat perjalanan di seluruh dunia telah terkena dampak pandemi, Bandara Internasional Hamad tidak terpengaruh oleh gangguan perjalanan global dan melanjutkan rencana ekspansi sambil memperkenalkan standar kesehatan dan keselamatan bandara tambahan," ungkap Edward Plaisted selaku perwakilan dari Skytrax.

Setelah pengumuman itu keluar, Hamad International Airport mengadakan selebrasi kecil-kecilan dan berterima kasih kepada semua penumpang yang telah memberikan suaranya.

"Kami merasa terhormat diakui sebagai Bandara Terbaik di Dunia 2021 di Skytrax World Airport Awards 2021. Ini adalah pencapaian monumental bagi pintu gerbang Qatar ke dunia," tulis mereka dalam media sosial resminya.

Seperti dilansir dari laman Travel and Leisure, bandara itu juga sedang bersiap untuk menyambut gelombang pelancong karena Doha akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA tahun 2022.

Menjelang acara besar itu, pihak bandara telah menerapkan perubahan baru, termasuk meningkatkan kapasitas tahunannya menjadi 53 juta penumpang. Serta membangun kawasan taman tropis seluas 10,200 meter persegi. Dilengkapi dengan air terjun yang tingginya mencapai 274 meter.

Baca juga:

Bandara London Heathrow Akan Memulai 'Test On Arrival' Untuk Pelancong

Bukan Lagi Changi Airport, Kini Bandara Hamad Qatar Jadi yang Terbaik di Dunia
Kemenangan Hamad International Airport tidak terlepas dari usaha mereka yang tetap melakukan perluasan di tengah pandemi. (Foto: Instagram/@hiaqatar)

Akan tetapi, meski Hamad naik dalam peringkat bukan berarti Changi hilang pamor. Bandara Negeri Singa itu masuk dalam 10 besar bandara terbaik di dunia, tepatnya di posisi ketiga.

Selain itu, mereka juga mengantongi penghargaan Staf Bandara Terbaik Dunia dan Staf Bandara Terbaik di Asia. Skytrax juga menyoroti pencapaian terbaru dari Bandara Istanbul.

Setahun lalu, bandara itu hanya menduduki peringkat 102, tapi sekarang melejit ke peringkat 17. Menjadikannya bandar udara yang paling berkembang pesat tahun ini.

Berikut ini daftar 10 besar bandara terbaik di dunia tahun 2021 menurut Skytrax:

1. Hamad International Airport

2. Tokyo Haneda Airport

3. Singapore Changi Airport

4. Incheon International Airport

5. Narita International Airport

6. Munich Airport

7. Zurich Airport

8. London Heathrow Airport

9. Kansai International Airport

10. Hong Kong International Airport

(sam)

#Bandara #Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan