Bukan Karena Aki, Ini Penyebab Starter Elektrik Tidak Berfungsi! Bukan melulu salah aki kalau starter elektrik tidak berfungsi (Foto: Pexels/Matan Segev)

LAGI buru-buru mengejar waktu, tiba-tiba saja mesin sepeda motor kesayanganmu tidak mau menyala. Di starter berkali-kali, ngadat terus. Padahal kamu masih ingat, rasanya aki (accu) sepeda motormu baru diganti belum lama ini. Lantas, apa sih penyebab starter elektrik sepeda motormu tidak mau berfungsi?

Melansir KabarOto, tidak melulu aki menjadi biang masalah starter elektrik. Namun, starter elektrik memang memiliki kelemahan pada kelistrikan. Serta komponen yang sudah termakan usia.

Baca juga:

Kenali Istilah Rantai dan Gir pada Sepeda Motor

Meski kebanyakan pemilik sepeda motor memang langsung memvonis bahwa aki (accu) jadi biang masalahnya, ada faktor lain yang jadi sumber kerusakan starter listrik, yakni dinamo starter. Nah, dinamo starter yang sudah termakan usia, akan berdampak pada kelancaran fungsi starter elektrikmu.

Penyebabnya ialah dinamo starter yang termakan usia (Foto: Pexels/Roman Pohorecki)

Dalam wawancara dengan KabarOto, Boy pemilik bengkel di kawasan Pamulang mengatakan, di dalam dinamo starter terdapat carbon brush yang biasa dikenal dengan bahasa 'arang' dinamo. Jika arang ini sudah aus termakan usia, biasanya sudah tidak bisa berfungsi dengan baik dan harus diganti.

Baca juga:

Sepeda Motor Pintar Bergaya Superhero

Menurut Boy, dinamo starter dijual dalam satu paket. Sehingga kamu tidak perlu susah-susah mencari ke beberapa bengkel untuk komponen ini. Pabrikan sudah menyediakan satu set lengkap dengan pernya, namanya carbon brush kit.

Pemasangannya cuma sebentar (Foto: Pexels/Pixabay)

Harganya pun, lanjut Boy, bervariatif. Mulai dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribuan. Merek juga mempengaruhi harga, beda merek, beda harga. Biasanya kalau sama ongkos pasang jadi Rp 75 ribu. Karena mereka harus bongkar bak magnet motornya untuk pasang rantai dan gear starter.

Kamu tidak perlu khawatir karena harus berlama-lama nongkrong di bengkel. Estimasi pemasangan dinamo starter cuma sebentar. Hanya sekitar 30 menit, starter elektrik sepeda motor sahabat Merah Putih kembali lancar jaya! (ikh)

Baca juga:

Membeli Sepeda Motor Bekas Banyak Keuntungannya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH