Bukan Kaki Penyebabnya, Sepatu Anda yang Bau Sepatu bau dapat dihilangkan dengan kopi atau kulit jeruk. (Foto: onecrazyhouse)

BAU kaki menyebabkan orang menghindar. Bau menyengat itu langsung menyeruak ketika seseorang melepaskan sepatu dri kakinya. Kemudian ada yang tak mau membuka sepatu karena alasan itu. Adapula yang kemudian tak mau memakai sepatu memilih sandal karena takut bau.

Bau atau tidak sebenarnya bergantung pada kesehatan kaki dan sepatunya sendiri. Seseorang yang memiliki disiplin kesehatan tinggi tidak pernah bermasalah dengan bau seperti itu.

Ada baiknya bila hendak menghilangkan bau itu harus mengetahi asal muasalnya. Biasanya bukan dari kaki, lebih banyak pada sepatunya.

Cara terbaik untuk menghilangkan bau dengan mencuci bersih sepatu seminggu sekali agar bakteri hilang. Agar baunya dapat hilang betul, setelah kering bungkus dalam plastik kemudian ikat rapat. Masukan sepatu dalam freeze selama semalaman. Esok pagi baunya sudah hilang.

Bakteri berkembang biak karena keringat yang berasal dari kaki yang terbungkus sepatu. Bakteri tersebut kemudian menempel pada insole sepatu yang kebanyakan terbuat dari material plastik. Insole itu dapat digantikan dengan insole berbahan lainnya yang tidak menggunakan plastik.

Kertas koran bisa jadi cara yang mudah untuk menghilangkan bau busuk itu. Masukan saja kertas koran ke dalam sepatu pada malam hari, besok pagi dijamin bau busuknya akan hilang.

Gel pengering yang ada pada setiap dus sepatu berguna untuk menghilangkan kelembaban. Jadi jika sepatu Anda hendak disimpan pastikan selalu ada gel pengering ini.

Alkohol dapat digunakan pula untuk membunuh bakteri yang bercokol di dalam sepatu. Oleskan alkohol yang sudah dituangkan pada kapas atau kain, ke bagian dalam dan luar sepatu.

Baking soda dapat digunakan pula untuk menghilangkan bakteri penyebab bau. Taburkan baking soda pada sepatu diamkan dalam semalam, bakteri hilang esok harinya. Kalau Anda mau berpayah-payah sedikit, campurkan baking soda, baking powder dan tepung jagung lalu masukan ke dalam kaos kaki ke sepatu. Bau pun hilang.

Kulit jeruk dan kopi pun efektif untuk menghilangkan bau sepatu Anda.

Sepatu basah jangan didiamkan harus segara dikeringkan. Bila tidak ada sinar matahari, maka gunakan sumber panas lainnya seperti kompresor AC atau kulkas. Kalo diperbolehkan gunakan microwave untuk mengeringkan. Sepatu dapat kering dalam waktu 90 detik. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH