Bukan Isu Hukum, Dua Isu Ini yang Jadi Perhatian Jokowi dan Prabowo Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

MerahPutih.com - Ketua Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Veri Junaidi mengungkapkan bahwa dua pasangan calon presiden dan wakil presiden belum menaruh perhatian terhadap isu hukum.

Dalam visi misi dan program yang telah diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagian besar visi misi dan program kedua pasangan calon hanya concern soal isu ekonomi dan pendidikan.

"(Ekonomi dan pendidikan) Itu dua isu yang menjadi perhatian bahkan porsinya bisa lebih dari 50 persen dari program yang diusung kedua pasangan calon," kata Veri dalam diskusi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/1).

Veri menyayangkan isu hukum hanya mendapat porsi kecil ketimbang isu lain. Padahal, menurutnya isu hukum sangat fundamental dalam bernegara. "Sedangkan isu hukum sendiri sebenarnya tidak menjadi concern," imbuhnya.

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: Twitter/@sandiuno
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: Twitter/@sandiuno

KoDe Inisiatif, kata Veri, mengidentifikasi bahwa Jokowi memiliki 258 program, sementara Prabowo memiliki 230 program. Namun, dari jumlah tersebut, isu terkait hukum hanya menempati urutan ke-6 pada program-program yang dimiliki Jokowi, dan urutan ke-7 dalam program-program Prabowo.

"Jadi sebenarnya kurang bahagia juga bagi orang-orang hukum kalau bicara soal bagaimana concern para calon presiden terkait proposal mereka lima tahun ke depan," pungkasnya.

Karena itu, Veri berharap dua pasangan calon menaruh perhatian pada isu hukum. Diketahui, debat perdana calon presiden pada 17 Januari 2019 mendatang akan mengangkat tema hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi dan terorisme. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH