Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit Tips Perawatan Kulit Untuk Pria (Foto: Friday Magazine)

SAAT ini bukan hanya perempuan yang membutuhkan perawatan kulit, pria juga melakukan perawatan kulit agar kulit mereka lebih sehat dan lebih cerah. Memang kulit yang dimiliki pria berbeda dengan perempuan. Kulit pria cenderung lebih tebal dibandingkan kulit perempuan. Jika pria ingin melakukan perawatan kulit penting bagi setiap pria mengetahui jenis kulit yang mereka miliki.

Kulit sensitif, biasanya akan terasa terbakar setelah menggunakan produk yang tidak cocok dengan kulitnya. Kulit normal, biasanya tidak alergi terhadap produk apapun. Kulit Kering, biasanya kasar dan sering merasa gatal. Kulit Berminyak, biasanya terlihat lebih berkilau akibat minyak yang berlebih. dan jenis kulit kombinasi yang biasanya kulit ini akan kering dibeberapa area dan berminyak di area lainnya.

Baca juga:

Perawatan Kulit Wajah Pria, Kenapa Enggak?

Setelah mengetahui tipe kulit seperti apa yang kamu miliki, berikut beberapa cara untuk merawat kulit yang kamu miliki yang dilansir dari laman resmi American Academy of Dermatology.

1. Pertimbangkan produk perawatan yang dipakai

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Perhatikan Bahan dari Produk yang Digunakan (Foto: BohoChicMeetsOrganics)

Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat, kamu dapat memilih sabun dan pelembab yang bebas minyak, karena minyak dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif pilihlah produk yang bebas pewangi, karena kulit kamu bisa terasa kering dan gatal-gatal.

2. Cuci Wajah

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Cuci Muka Sesudah Beraktivitas (Foto: Pexels/Tri Fatano)

Ketika kamu selesai berolahraga ataupun aktivitas yang mengeluarkan keringat, disarankan untuk selalu mencuci wajah kamu dengan sabun pembersih wajah yang bertekstur kasar.

3. Teknik Mencukur

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Jangan Gunakan Alat Cukur dengan banyak pisau (Foto: Pexels/Midia)

Biasanya pria mencukur janggut dengan alat cukur yang memiliki banyak pisau. Terkadang pisau seperti itu dapat menimbulkan benjolan silet, rambut tumbuh kedalam, dan luka.

Baca juga:

5 Tips Merawat Jenggot untuk Para Lelaki Biar Tampil Makin Jantan

Jika seperti itu, gunakanlah alat pencukur yang memiliki pisau tunggal atau ganda, jangan meregangkan kulit kamu terlalu kencang, dan selalu menggunakan krim cukur sebelumnya.

Selalu mengganti pisau cukur dengan yang baru ketika sudah lima hingga tujuh kali pemakaian, hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi iritasi.

4. Gunakan Pelembab

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Sebelum Pergi Gunakanlah Pelembab (Foto: Pinterest/Canal Masculino)

Pelembab berfungsi untuk menahan air di dalam kulit kamu, dan embantu mengurangi garis-garis halus, sehingga kulit kamu akan terlihat lebih cerah dan muda. Waktu yang terbaik untuk menggunakan pelembabadalah setelah mandi.

5. Pergi Ke Dokter

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Pergilah Ke Dokter Untuk Periksa Kulit (Foto: Pexels/Rawpixel)

Jika kulit kamu terdapat bintik-bintik yang terasa gatal, berwarna merah, dan berdarah ketika di garuk sering menjadi tanda-tanda kanker kulit.

Baca juga:

Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Kulit Perempuan?

Karena umumnya seorang pria yang berusia diatas 50 tahun lebih berisiko terkena kanker kulit yang paling berbahaya. Namun kanker tersebut sangat mudah diobati jika ketahuan sebelum lebih bahaya.

6. Gunakan Tabir Surya

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit
Gunakan Tabir Surya Ketika Beraktivitas (Foto: GearHungry)

Seringkali sinar matahari dapat merusak kulit seperti keriput, kering, bintik-bintik, hingga kanker kulit. Ketika kamu ingin keluar rumah gunakanlah tabir surya ke area kulit yang terbuka, seperti telinga, leher, lengan, kuping, bibir, wajah, bahkan kulit kepala. Kamu harus menggunakan kembali tabir surya seusai berenang ataupun setelah berkeringat.

Baca juga:

Penjelasan Tentang ‘SPF’ yang Sering Kamu Temukan di Produk Tabir Surya

Karakteristik kulit tiap orang berbeda, sehingga kamu tidak bisa menggunakan produk perawatan kulit yang kamu tidak ketahui untuk kulit seperti apa produk tersebut dibuat. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH