Bukan hanya Manusia, Kucing juga bisa Alami Kecemasan. Ini Tandanya Deteksi kucing yang alami kecemasan (Foto: Pexels/MarkoBlazevic)

KECEMASAN bukan hanya untuk manusia. Kucing juga bisa. “Sama seperti manusia dan anjing, beberapa hewan memiliki kepribadian yang lebih rentan terhadap kecemasan,” jelas Dr. Stephanie Austin, direktur medis dan dokter hewan Bond Vet dilansir dari Bustle.

Kadang-kadang ini bisa disebabkan karena perawatan buruk atau trauma sebelumnya. Cemas pada kucing juga bisa terjadi karena alasan yang tidak diketahui atau disposisi alami kucing. Ada sejumlah tanda-tanda kucing mengalami kecemasan. Misalnya, mulai dari buang air kecil di luar kotak pasir hingga perawatan yang berlebihan. Berikut perilaku kucing pertanda ia stres:

Baca Juga:

Menggemaskan! Begini Cara Kucing Menunjukkan Kasih Sayang

1. Ngumpet

kucing
Kucing ngumpet seharian harus segera dibawa ke dokter. (Foto: Pexels/Francesco Ungaro)

jika kucing bersembunyi sepanjang waktu sampai kamu merasa tidak memiliki kucing, bisa jadi mereka dilanda kecemasan. Namun, jika kamu memperhatikan bahwa itu berlanjut selama beberapa hari. Itu pertanda kamu harus membawa kucingmu untuk diperiksa oleh dokter hewan.

2. Agresif

agresif
Kucing agresif (Foto: Pexels/cottonbro)

Jika kucingmu agresif tanpa alasan. Kecemasan mungkin ada di balik perilaku kucing tersebut. Hewan peliharaan yang berperilaku baik tidak akan berulang kali mengamuk tanpa sebab yang kuat. Jadi cobalah untuk menemukan akar masalahnya dan perbaiki. Terlebih lagi, kebosanan dapat menimbulkan kecemasan bagi kucing yang membutuhkan perhatian. Biasanya akan melampiaskan rasa frustrasinya pada barang-barang. Itu merupakan salah satu cara mereka mengungkapkan ketidakpuasannya kepadamu.

3. Mengeong terus menerus

kucing
Intensitas kucing mengeong jadi meningkat (Foto: Pexels/Amir Ghoorchiani)

Secara umum, kucing mengeong untuk berkomunikasi dengan manusia. Jika teman kucingmu coba menarik perhatian dengan mengeong berlebihan dan kamu tidak yakin apa yang diinginkan kucing, ia mungkin mencoba memberi tahu bahwa ia merasa cemas dan panik. "Jika kucing menjadi terlalu cerewet dalam bahasa meongnya, berarti mereka mencoba memberi tahumu sesuatu," demikian dilansir dari iHeart Cats. Seringkali suara mereka terdengar sangat bermasalah, seperti panggilan darurat bahwa mereka membutuhkanmu karena mereka berusaha mati-matian untuk mendapatkan perhatian penuhmu.

4. Tidak memakai kotak pasir

kucing
Tiba-tiba tidak menggunakan kotak pasir untuk buang air. (Foto: Unsplash/Litter Robot)

Jika kucingmu tiba-tiba berhenti menggunakan kotak pasir dan mulai buang air kecil di tempat lain di rumah, jangan langsung kesal. Bisa jadi mereka mencoba memberitahumu sesuatu. Pertama coba cek masalah pada fisik. Apakah mereka mengalami infeksi saluran kemih? Jika tidak, inilah saatnya untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa kucing cemas.

Baca Juga:

Alasan Orang Enggan Pelihara Kucing Berwarna Hitam

5. Kucing Gemetar

kucing
Kucing gemetar biasanya membutuhkan ruangan nyaman. (Foto: Pexels/Tranmauritram)

Secara umum, kucing tidak suka dikejutkan. Jika kucing kamu takut sampai-sampai mereka gemetar secara teratur. Bisa jadi sudah waktunya untuk mempertimbangkan bahwa kucing terlalu terangsang dan perlu istirahat. Ciptakan tempat yang aman untuk kucing miliknya sendiri sehingga kucing kamu dapat istirahat dengan nyaman ketika mulai merasa cemas.

6. Membuntuti

kucing
Kucing terus menguntitmu kemana saja. (Foto: Pexels/Henda Watani)

Jika kucing terus menerus mengikutimu ke mana-mana. Bisa jadi ada kecemasan di balik perilaku ini. Princeton Veterinary Hospital menuliskan bahwa ada kemungkinan memang kucing itu mengalami kecemasan. Mungkin kita merasa kelakuan kucing menunjukan rasa sayangnya pada pemiliknya. Namun itu bisa pula menjadi tanda stres atau cemas.

7. Kebiasaan makan

kucing
Selera makan kucing berubah. (Foto: Pexels/BlueBird)

Kucing yang memakan segala sesuatu yang terlihat atau justru berhenti makan sama sekali bisa jadi tengah kecemasan. Namun, sebelum menentukan bahwa kucingmu cemas, penting untuk menyingkirkan masalah medis lainnya terlebih dahulu. Dari laman iHeart Cats, kucing makan atau memilih untuk tidak makan adalah cara bagi mereka untuk mengatasi kecemasan dan tanda umum bahwa ada masalah.

8. Mondar-mandir

kucing
Mondar-mandir adalah kebiasaan yang tidak umum. (Foto: Pexels/Alex Bargain)

Kucing banyak tidur. Jika kucing menghabiskan lebih banyak waktu mondar-mandir daripada tidur, itu pertanda kucing sedang cemas. Untuk hewan yang tidur hingga 16 jam hampir setiap hari, kegelisahan pada kucing seharusnya tampak jelas. Kucing yang menderita kecemasan suka mondar-mandir atau tidak dapat duduk diam. Kecemasan memicu sensor dalam pikiran yang dapat menyebabkan kucing merasa stres, gugup, dan gelisah tanpa alasan sama sekali. (avia)

Baca Juga:

Tren Kucing Gemuk Harus Dihentikan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tutup Tur Perpisahan, Kiss Pilih Tempat Terdingin di Bumi
ShowBiz
Tutup Tur Perpisahan, Kiss Pilih Tempat Terdingin di Bumi

Kiss mengungkapkan masih memiliki 150 pertunjukan lagi.

F1 Dijadwal Ulang untuk Menghormati Pangeran Philips
Fun
F1 Dijadwal Ulang untuk Menghormati Pangeran Philips

F1 memberikan penghormatan terakhir pada Pangeran Philips.

Google Tengah Garap Fitur Anti-Pelacakan untuk Android?
Fun
Google Tengah Garap Fitur Anti-Pelacakan untuk Android?

Google dikabarkan tengah kembangkan fitur anti-pelacakan untuk Android. Kabarnya mirip dengan yang diluncurkan oleh Apple dengan iOS 14.5

Clubhouse Luncurkan Aplikasi untuk Android meski Pengguna Menurun
Fun
Clubhouse Luncurkan Aplikasi untuk Android meski Pengguna Menurun

Popularitas aplikasi itu melonjak tinggi pada awal tahun 2021 setelah miliarder Elon Musk ...

Diet Ekstrem ala Girl Idol K-Pop
ShowBiz
Diet Ekstrem ala Girl Idol K-Pop

Sangat mengintimidasi.

Pesan Cinta dalam Gingerbread Khas Natal
Kuliner
Pesan Cinta dalam Gingerbread Khas Natal

Para perempuan kerap memberikan kue jahe kepada ksatria pujaan hati mereka.

Rehat Setahun, Teza Sumendra Kembali dengan Single 'Rekreasi'
ShowBiz
Rehat Setahun, Teza Sumendra Kembali dengan Single 'Rekreasi'

Melalui Rekreasi, Teza menceritakan tentang rasa rindunya akan pertemuan secara langsung dan berinteraksi dengan kerabat dan orang-orang terkasih.

Lagu Pamungkas 'To The Bone' Kalahkan 'LATHI' di Spotify
ShowBiz
Lagu Pamungkas 'To The Bone' Kalahkan 'LATHI' di Spotify

Selain menguasai tangga lagu Indonesia Top 50, Pamungkas lewat lagu To The Bone juga berhasil menduduki tangga lagu lainnya di Spotify.

Dua Tahun Ramadan saat  Pandemi, Transaksi E-Commerce Tetap Meningkat
Fun
Dua Tahun Ramadan saat Pandemi, Transaksi E-Commerce Tetap Meningkat

Tercatat total jumlah transaksi selama Ramadan tahun ini meningkat.

Irama Pantai Selatan Sajikan Teknologi VR 360 di Video Musik ‘Bintang Laut’
ShowBiz
Irama Pantai Selatan Sajikan Teknologi VR 360 di Video Musik ‘Bintang Laut’

Hal yang paling istimewa dari video musik Irama Pantai Selatan adalah penggunaan teknologi Virtual Reality.