Bukan Hanya Anies, Jokowi Juga Perlu Dikritik karena Jakarta Kebanjiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pengamat politik Muslim Arbi berpendapat, seharusnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut turun tangan untuk mengatasi masalah banjir di Jakarta. Sebab, perkara ini bukan pekerjaan Gubrnur Anies Baswedan semata.

Arbi menyebut, Jokowi pernah dua kali berjanji untuk menuntaskan masalah banjir di ibu kota. Pertama saat masih menjadi Wali Kota Solo dan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI.

Baca Juga:

Fahira Idris Sebut Pansus Banjir Terlihat Kontraproduktif Jika Dipolitisir

Lalu, Jokowi kembali berjanji menyelesaikan masalah banjir ketika mencalonkan diri sebagai presiden. Kala itu, Jokowi masih menjabat Gubernur DKI.

"Artinya ini kan janji yang diucapkan di depan publik, kan begitu. Itu kan Pak Jokowo sudah berjanji, terlepas dari apa pun itu harus dipenuhi," kata Arbi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/2).

Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Setpres via FB Presiden Joko Widodo)
Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Setpres via FB Presiden Joko Widodo)

Muslim Arbi menambahkan, akibat Jokowi tidak memenuhi janjinya itu, Gubernur Anies yang selalu disalahkan.

"Kalau tidak, ini kan yang selalu disalahkan kan Gubernur. Padahal ada janji Presiden yang lebih besar daripada itu. Masalahnya kan gitu," jelas dia.

Menurut Muslim, persoalan Jakarta itu bukan semata-mata tanggung jawab gubernur. Jakarta adalah ibu kota negara. Terlebih, Gubernur Jakarta sebelumnya saat ini sudah jadi presiden.

Baca Juga:

Pansus Banjir DPRD DKI Baru Kerja Setelah Bahas Calon Duet Baru Anies

"Nah Si Presiden itu harus menunaikan janji-janjinya, itu masalahnya," terangnya.

Selain itu, Muslim mengaku tak setuju persoalan banjir ini dikaitkan dengan politik. Banjir adalah musibah bencana alam, bukan untuk politik.

"Banjir ya banjir, gak ada urusan dengan politik, menjegal Anies, atau pilpres, atau apa. Jadi kita lihat bahwa banjir itu kan persoalan alam, persoalan kemanusiaan, persoalan penataan ibu kota. Jadi gak usah menyalahkan siapa-siapa," ungkapnya. (*)

Baca Juga:

Anies Tak Masalah Subejo Mundur dari Kepala BPBD Saat Jakarta Dilanda Banjir


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH