Film

Bukan Fiksi, Film-Film ini Berdasarkan Kisah Nyata

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 24 Juli 2019
Bukan Fiksi, Film-Film ini Berdasarkan Kisah Nyata
Beberapa film ternyata dibuat berdasar kisah nyata. (foto: merchoid)

FILM yang menyajikan cerita yang unik, menarik, dan jauh berbeda dari kehidupan kita bisa jadi hiburan yang menyenangkan. Dalam film, tidak ada batasan kreativitas yang bisa dihantarkan. Terkadang alur cerita serta kejadian bisa sangat berbeda dan aneh. Kehidupan seseorang bisa sangat beruntung, sangat sial, atau sangat menyeramkan.

Karena cerita yang janggal, sering kali kita menyadari bahwa film-film ini tidak didasari kenyataan. Namun, sesungguhnya beberapa film terkenal ini terinspirasi dari kisah nyata lho!


1. The Terminal (2004)

the terminal
Terjebak di bandara. (foto: IMDB)

The Terminal menjadi film ketiga yang melibatkan dua nama besar di dunia perfilman, Steven Spielberg dan Tom Hanks. Film bergenre komedi drama ini menceritakan tentang Hanks sebagai turis yang mengharuskan dirinya tinggal di bandara JFK karena tidak boleh memasuki negara bagian Amerika Serikat, tetapi juga tidak bisa pulang ke negaranya.

Film ini didasari dari pengalaman Mehran Karimi Nasseri, seorang pengungsi Iran yang terpaksa hidup di bandara Charles de Gaulle, Paris selama 18 tahun.

2. 50 First Date (2004)

50 first date
Cheesy tapi nyata. (foto: IMDB)

Film komedi romantis yang diperankan oleh Adam Sandler dan Drew Barrymore ini memang terkesan cheesy, namun ternyata 50 First Date ini terinspirasi dari kisah nyata lho!

Karakter yang diperankan oleh Barrymore merupakan seorang perempuan bernama Michelle Philpotts yang mengidap penyakit amnesia anteretrograde, yang mana membuat dirinya harus terbangun di pagi hari tanpa mengingat apa yang terjadi di hari sebelumnya. Sampai saat ini, ketika Philpotts terbangun dari tidurnya, ia masih mengingat bahwa masa kini masih tahun 1994.

Menjadi tantangan tersendiri, Adam Sandler yang memerankan karakter kekasih Barrymore di 50 First Date ini berhasil mengemas film ini ke dalam komedi yang menghibur penonton.


3. The Conjuring Series

the conjuring
Kisah seram yang nyata. (foto: whatculture)

Meskipun pasti lebih didaramatisir dari kenyataan, namun semua film yang ada dalam The Conjuring Universe Warner Bros. ini semuanya didasari oleh kasus yang ditangani oleh pasangan suami isteri paranormal Ed dan Lorraine Warren yang diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga.

Kasus yang diinvestigasi oleh mereka berawal dari tahun 1950 sampai kepada tahun 1990-an, termasuk cerita hantu paling terkenal seperti rumah Amityville dan boneka iblis Annabelle.


4. Jaws (1975)

jaws
Terinspirasi kisah nyata. (foto: Rio Theater)

Disutradarai oleh sang legendaris Steven Spielberg, film klasik bergenre drama thriller Amerika ini berhasil menjadi film yang sangat populer. Dibuat berdasarkan novel milik Peter Benchley, ada beberapa peristiwa dan karakter dalam film ini yang terinspirasi dari kisah nyata.

Ketika Brody memohon walikota Amity untuk menutup pantai sehabis terjadi serangan hiu, ternyata memang kenyataannya pada tahun 1916 telah terjadi kasus penyerangan oleh hiu di New Jersey yang menimbulkan lima kematian. Meskipun begitu, jenis hiu sesungguhnya adalah hiu banteng, bukan great white shark.

Kemudian cerita yang dipidatokan oleh Robert Shaw mengenai tenggelamnya kapal USS Indianapolis juga berdasarkan kisah nyata. Kapal ini tenggelam di pantai Jepang pada tahun 1945 yang meninggalkan beberapa orang yang selamat bertahan hidup di perairan penuh hiu selama lima hari.(shn)

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan