Bukan Cuma Salmon, Ikan Kembung Juga Kaya Omega-3 Ikan kembung (Foto: Pixabay/Brandesfrank)

MENGONSUMSI makanan sehat menjadi sangat penting di masa pandemi virus corona baru atau COVID-19 seperti sekarang. Salah satu yang mudah untuk dikonsumsi ialah ikan. Hewan yang hidup di air ini sangat mudah di dapat. Jenisnya pun beragam dari yang murah hingga sangat mahal.

Nah, ngomong-ngomong soal ikan, salmon diketahui memiliki kandungan omega-3 yang cukup banyak. Hal ini membuat ikan salmon menjadi populer. Tapi tahukah kamu, ada satu ikan lagi yang kaya akan omega-3. Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan mengatakan ikan kembung juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Baca juga:

Tips Memilih Telur yang Aman dan Sehat

Ikan kembung kaya akan omega-3 (Foto: Pixabay/auntmasako)
Ikan kembung kaya akan omega-3 (Foto: Pixabay/auntmasako)

Hal ini tentunya cukup mengembirakan karena harga ikan kembung jauh lebih murah dibandingkan salmon. Selain itu ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger sangat mudah di dapat baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

"Ternyata omega-3 bukan hanya di ikan salmon ya ternyata di ikan kembung pun itu tinggi Omega-3-nya sehingga tidak usah mahal-mahal kita buru ikan yang mahal tapi bisa ikan seperti ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau dan kualitas proteinnya sama dengan protein hewani yang lain," kata Triyani di konferensi video, Kamis (7/5).

Baca juga:

Yuk Intip Tips Tetap Nyaman Berpuasa Bagi Pengidap Sakit Mag

Ikan kembung bisa menjadi alternatif selain salmon (Foto: Pixabay/schauhi)
Ikan kembung bisa menjadi alternatif selain salmon (Foto: Pixabay/schauhi)

Bagi yang belum tahu, asam lemak omega-3 punya banyak manfaat kesehatan seperti membantu relaksasi otot, pencernaan hingga pembekuan darah. Ikan kembung juga mengandung protein yang cukup tinggi sebesar 24 gram per 100 gram.

Namun, selain ikan kembung, kita juga bisa mencukupi protein dengan bahan-bahan lain yang mudah didapat seperti telur, tempe dan tahu. Sehingga Triyani mengatakan tidak selalu harus makan daging dan ikan.

Lebih lanjut, Triyani menuturkan kita harus memperhatikan gizi seimbang seperti asupan protein, karbohidrat, sayur dan buah. Jika ingin membuat camilan sehat, bubut kacang hijau merupakan sumber protein yang tinggi. (Yni)

Baca juga:

Membangun Kekebalan Tubuh Anak dengan MPASI Organik



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH