Bukan Cuma Perempuan, Pria juga Bisa Mengalami Baby Blues Pria juga bisa mengalami baby blues (Foto: Pexels/Pixabay)

BABY blues atau perasaan gelisah pasca meliharkan kerap dirasakan para ibu. Tapi, nyatanya kamu sebagai ayah juga bisa merasakan hal demikian. Walau dari sisi medis bukan disebut baby blues. Tapi disebut dengan rasa depresi ketika adanya kehadiran anggota keluarga baru, si kecil.

Meskipun baby blues hanya menimpa para perempuan karena perubahan hormon. Seperti yang dilansir dari Alodokter, kondisi ayah yang depresi ini juga disebut sebagai baby blues. Tanpa mengurangi nilai edukasinya.

Baca juga:

Dari Baby Blues sampai Depresi, Beratnya Jadi Ibu

Kondisi para ayah yang depresi karena kelahiran si kecil itu normal. Sekitar 10% pria mengalami hal ini setelah status mereka berubah sebagai orangtua. Bedanya, baby blues yang terjadi kepada pria bukan karena faktor hormonal. Tapi karena beberapa hal lain terkait masalah sosial.

Pria jadi depresi karena perhatian dari istri berkurang (Foto: Pexels/J carter)

Pertama, sebagai pria kamu takut dengan status baru sebagai ayah. Sebab, kamu merasa khawatir apakah bisa menjadi ayah yang baik atau tidak. Ketika sudah memiliki anak kehidupan kamu tidak sebebas sebelumnya. Alhasil, kamu akan merasa sangat kaget. Bahkan mengalami depresi.

Kemudian, kamu juga takut karena terkait masalah finansial. Masalahnya, kebutuhan bayi yang harus dibeli sudah menunggu di depan mata. Seperti susu, popok, biaya pemeriksaan kesehatan, hingga merencanakan pendidikan anak. Apalagi biasanya istri berhenti bekerja kalau sudah melahirkan. Kamu jadi seorang single fighter.

Baca juga:

Gejala 'Baby Blues' Bisa Berakibat Fatal

Selain itu, kamu juga merasa depresi karena jatah libur kantor yang diberikan sebentar. Tidak seperti perempuan yang punya jatah cuti melahirkan hingga tiga bulan. Kamu jadi banyak pikiran. Karena kamu sama sekali tidak memiliki waktu untuk bersantai sebelum kembali masuk kerja.

Kondisi ini bisa diatasi dengan menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga (Foto: Pexels/Pixabay)

Faktor lain yang bikin kamu tambah depresi karena perhatian dari istrimu berkurang. Dia lebih mencurahkan perhatiannya kepada si kecil. Bahkan, tidak jarang juga jika istri kamu tercinta jadi malas melayani kamu di atas ranjang.

Baby blues harus segera diatasi. Kalau tetap dibiarkan malah bisa memicu masalah serius semisal mudah tersinggung, cemas, dan tubuh tidak bertenaga. Lebih parahnya lagi kamu bisa menarik diri dari keluarga.

Untuk mengatasi kondisi ini sebenarnya mudah. Kamu cukup curhat dengan istri kamu. Tapi kamu tahu sendiri kan. Sebagai pria kamu pasti sulit untuk mencurahkan isi hati kamu. Ini yang bikin kondisi baby blues bisa tambah parah.

Namun, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengatasinya dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Kalau kondisi kamu belum membaik juga. Segera konsultasikan masalahmu ini ke dokter. (ikh)

Baca juga:

Ibu Rentan Baby Blues, ini Aturan saat Menjenguk Bayi

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH