Bukan Cuma Motret, Drone Juga Bisa Dipakai untuk ini Drone dapat digunakan untuk beragam kebutuhan. (Foto: Pixabay)

SEMUA melihat ke atas, ya! Begitu instruksi yang kami terima saat itu. Seketika, kami pun langsung mendongak. Tidak berapa lama tampak benda berukuran kecil terbang di atas kami. Kejadian ini terjadi tahun lalu di Jeep Station Indonesia Resort (JSI). Benda kecil itu adalah drone. Digunakan untuk mengabadikan aktivitas outbound Merahputih.com dan salah satu anak usaha PT Kontek Aja lain, JSI. Beberapa tahun terakhir ini drone memang tengah menjadi tren.

Penggunaannya banyak dipakai untuk memotret foto udara dan membuat film. Melihat sejarahnya, drone mulai dipakai pada perang dunia pertama, tepatnya pada 1849. Austria menjadi negara pertama yang menggunakan pesawat tanpa awak penumpang ini. Saat itu drone berbentuk balon udara dengan peledak di dalamnya dipakai untuk menyerang Italia.

Di tahun 2010-an drone menjadi tren baru. Bukan sebagai pesawat pengintai, melainkan selfie. Bahkan, ada istilah khusus bagi orang-orang yang yang swafoto dengan drone, yaitu dronies.

Selain selfie, drone juga dipakai untuk keperluan lain. Sudah tahu, apa saja manfaat drone selain selfie dan sebagai pesawat pengintai? Cek jawabannya di sini, guys!

1. Menyebarkan akses internet

drone
Facebook memakai drone untuk menyebar akses internet. (Foto: Pixabay)

Aktif pakai Facebook? Nah, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ternyata bukan hanya penganut tren drone. Akan tetapi menjadi bagian dari penyedia drone. Facebook membeli Ascenta, produsen drone berbasis tenaga surya, pada 2014. Drone dari Ascenta ini Mark pakai untuk menyebarkan internet ke negara-negara yang belum terjamah dunia maya. Keren ya, pemikiran Mark?

2. Mendeteksi penyakit tanaman

daun
Drone digunakan untuk mendeteksi jamur pada daun. (Foto: Pixabay)

Drone juga ternyata telah digunakan untuk membantu mendeteksi penyakit pada tanaman. Hal itu diungkap Carbon Bee AgTech. Saat presentasi di ICOPE 2018, Nusa Dua, Bali, baru-baru ini, Research Fellow Carbon Bee AgTech Anthony Gelibert menyebut perusahaannya menggunakan drone sebagai bagian dari proses deteksi jamur pada daun. Selain drone, Bee AgTech memanfaatkan pula kecerdasan buatan atau artificial intelligence pada proses pelacakan jamur di daun. Jadi bukan cuma Dronies pencinta fotografi yang mendapat keuntungan dari drone, petani juga!

3. Meliput berita perang

perang
Drone dipakai untuk meliput peperangan. (Foto: Pixabay)

Wartawan dan kameramen perang ‘jaman now’ makin canggih. Agar dapat memberi berita perang secara ‘live’, mereka memakai drone di area peperangan. Tetapi, penggunaan drone untuk tujuan ini tentu saja berbahaya. Wartawan dan kameramen dapat dianggap musuh dan menjadi korban salah sasaran. Wah, seram enggak sih?

4. Merawat gedung pencakar langit

gedung pencakar langit
Mengecek kerusakan bangunan tinggi bisa memakai drone. (Foto: Pixabay)

Mengecek kerusakan pada bangunan tinggi berisiko bagi keselamatan manusia. Untung ada drone. Alat ini dapat menggantikan peran manusia memonitor kerusakan di gedung pencakar langit. Dengan begitu pengelola gedung dapat segera melakukan upaya perbaikan.

5. Mencari hewan peliharaan

kucing
Pencarian kucing hilang dengan drone. (Foto: Pixabay)

Pet lovers pernah kebingungan mencari kucing atau anjing kesayangan yang kabur dari rumah? Nah, drone dapat membantu menemukan hewan peliharaan yang hilang tanpa harus beranjak dari rumah. Caranya, terbangkan drone di atas rumah dan sekitarnya. Jadi kamu enggak capai mencarinya.

Dari semua manfaat drone yang telah disebutkan, kamu pernah menikmati yang mana? (*)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH