Bukan Cuma Kloset, Ini Bagian di Toilet yang Jadi Rumah Kuman Toilet rumahnya kuman (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

SIAPA bilang kloset adalah satu-satunya tempat di toilet yang menjadi rumah bagi kuman. Karena selain itu beberapa bagian seperti wastafel, pegangan pintu, dan lantai juga rawan sebagai habitat bernaungnya mikroorganisme jahat. Hal itu diungkapkan Dokter Mikrobiologis Klinis, Dr Wani Gunardi.

"Bakteri di lubang kloset sudah pasti, tetapi ada tempat yang terlihat bersih namun belum tentu (bersih), tempat yang sering tersentuh tangan seperti penutup kloset duduk, area lantai yang basah, gagang keran, flush dan lampu," katanya seperti dilansir dari Antaranews.com, Senin (18/11).

Baca juga:

Lambat Move On Berefek pada Kesehatan Jantung

Dr Wani mengatakan bakteri, virus, jamur, kuman dan lainnya hidup pada kondisi lembab. Jumlahnya bisa mencapai jutaan hingga miliaran di dalam satu toilet. Sementara hasil riset Unilever belum lama ini menunjukan ada sekitar 100 juta kuman di dalam toilet.

Toilet jadi Rumah Kuman
Toilet menjadi rumah yang nyaman untuk kuman (Foto: Pixabay/stevepb)

"Jumlah dan jenisnya banyak seperti Salmonella, E.colli, Listeria, Rotavirus, Norovirus, jamur, parasit dan bila jumlahnya tak bisa dikendalikan bisa menyebabkan penyakit seperti diare, ISPA," ujarnya.

Pada tirai toilet setidaknya mengandung 16.240.000 unit pembentuk bakteri (CFU) per sentimeter persegi. Di lantai shower ada sekitar 15.883.333 CFU, tempat menyimpan sikat gigi tak luput dari dihinggapnya bakteri dengan 12.6919.333 CFU. Sementara pegangan kera wastafel memiliki 56.133 CFU dan pintu toilet ada sebanyak 13.835 CFU.

Baca juga:

Cara Simpel Cegah Obesitas Pada Anak

Bukan cuma kloset yang dihinggapi kuman
Bukan cuma kloset yang dihinggapi kuman (Foto: Pixabay/rizzidesigns)

Oleh karenanya, rutin membersihkan toilet menjadi hal yang sangat penting. Ukuran bersih yakni tidak berbau, tidak licin (pada lantai), tidak ada kerak atau noda kuning di area toilet. Sayangnya Senior Brand Manager Cleaners Unilever Indonesia, Antonius Pandu menuturkan kalau banyak masyarakat Indonesia yang masih mengabaikan kebersihan toilet.

Hasil riset menunjukan ada lebih dari 70 persen rumah tangga Indonesia yang belum membersihkan toilet dengan benar. Hal ini menunjukan kalau toilet adalah area tersembunyi yang sering terlupakan untuk dibersihkan.

Baca juga:

5 Minuman yang Baik untuk Diabetes


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH