Bukan Cuma Indonesia, Mudik Juga Dilakukan di 5 Negara Ini Penumpang antre memasuki gerbong kereta Jaka Tingkir tujuan Pasar Senen Jakarta - Purwosari Solo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/7). (ANTARA FOTO/ Yustinus Agyl)

PULANG kampung atau biasa kita sebut dengan mudik sudah menjadi tradisi yang mengakar bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya jutaan orang berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya.

Tapi siapa sangka ternyata budaya mudik bukan hanya ada di Indonesia saja. Di beberapa negara di Asia masyarakat di sana juga menjalani aktivitas mudik. Meskipun dalam pelaksanaannya tidak selalu dilakukan menjelang lebaran.

Malaysia

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebagai negara tetangga tak heran kalau Malaysia memiliki tradisi yang sama dengan Indonesia. Jika di negara kita mengenal istilah mudik, maka di Negeri Jiran masyarakat di sana lebih mengenalnya dengan "sebutan Balik Kampong".

Hal yang dilakukan pun sama persis dengan masyarakat Indonesia ketika lebaran. Usai salat Ied, masyarakat Melayu Malaysia berziarah ke makam leluhur yang telah tiada. Selain itu mereka juga saling meminta maaf dan berkunjung ke sanak saudara.

Pakistan

Instagram/joekstergram
Mudik di Pakistan. (Foto: Instagram/joekstergram)

Pakistan menjadi salah satu negara di Asia yang menjalani tradisi mudik menjelang lebaran. Merayakan Idul Fitri bersama keluarga sudah menjadi tradisi masyarakat muslim di sana.

Uniknya, para pemudik di sana diperbolehkan naik ke atas bus selama perjalanan. Akan tetapi bukan hanya bus yang menjadi favorit masyarakat di sana, kereta api juga salah satu andalan warga muslim Pakistan untuk pulang kampung.

Turki

Instagram/mialuis
Warga Turki juga mudik. (Foto: Instagram/mialuis)

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Turki juga memiliki tradisi pulang kampung yang dikenal dengan istilah "Seker Bayram". Seperti halnya Indonesia, tradisi mudik di sana dilakukan menjelang Idul Fitri.

Kebiasaan yang dilakukan masyarakat Turki saat lebaran juga tak jauh beda dengan di Indonesia. Mereka berziarah ke makam saudara yang telah meninggal.

Mesir

Ilustrasi (Instagram/aero_format)
Ilustrasi. (Instagram/aero_format)

Berbeda dengan Indonesia yang menjadikan Idul Fitri sebagai hari besar, di Mesir sebaliknya, Idul Fitri dirayakan biasa saja sedangkan Idul Adha menjadi perayaan yang cukup meriah.

Oleh karena itu tak heran kalau musim mudik di Mesir terjadi menjelang Idul Adha. Meskipun ada juga beberapa masyarakat Mesir yang sengaja pulang kampung saat Idul Fitri.

Tiongkok

Sumber: Forbes
Tiongkok. (Foto: Forbes)

Meski menjadi negara yang minoritas muslim, bukan berarti Tiongkok tidak menjalani tradisi mudik. Di sana banyak para perantau yang melakukan aktivitas tersebut. Bedanya mereka melaksanakan mudik menjelang Imlek.

Sedangkan saat Hari Raya Idul Fitri hanya masyarakat muslim saja yang menjalani mudik. Mereka pulang ke kampung halaman agar bisa bertemu sanak saudara.

Sahabat Merah Putih, itulah lima negara yang menjalani tradisi mudik. Oh iya selain artikel ini kamu juga bisa baca Mudik ke Bandung Enggak Pakai Macet? Helikopter lah Solusinya


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH