Bukan Cuma Gaya Hidup, ini Manfaat Keren Melancong Ada hal-hal baru dan menyenangkan selama melakukan pelancongan. (Foto: Pexels/bruce mars)

PADA zaman tanpa batas wilayah ini, melancong sudah menjelma menjadi gaya hidup, khususnya bagi kaum milenial. Awal mulanya pelancong melakukan perjalanan ke destinasi-destinasi wisata hanya untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu.

Buat kamu yang hobi melancong, percaya atau tidak ternyata dengan berpelesiran ke kota, negara, pulau atau tempat baru memberikan manfaat baik untuk kesehatan psikologis. Melansir dari laman Istyle, berikut adalah beberapa manfaat keren dari melancong untuk kesehatan mental.


Baca Juga:

Lezat, Dodol Garut Daun Kelor Anti 'Stunting' Made In Puskesmas Pasundan

1. Jadi pintar

pergi
Beradaptasi di tempat baru. (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Dengan melancong, kamu akan meninggalkan kebiasaan kamu sehari-hari. Berada di tempat yang baru mengharuskan kamu beradaptasi dan juga memahami bahasa, budaya dan kebiasaan yang baru. Inilah yang akan membuat pikiran semakin tajam dan lebih terbuka.


2. Mencoba hal baru

pergi
Pergi ke tempat yang belum pernah didatangi. (Foto: Pexels/Murat Sahin)


Dengan melancong, kamu akan meninggalkan zona nyaman yang biasanya membuat kamu stuck sama hal yang sama. Pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya akan memberikan banyak pengalaman baru. Mulai dari hal kecil seperti mencoba makanan hingga hal-hal seru yang nggak bakal pernah kamu lupain seumur hidup kamu.

3. Bertemu orang baru

pergi
Selalu ada kejutan dan teman baru. (Foto: Pexels/Victor Freitas)


Dengan melancong, kamu akan mendapatkan banyak teman dalam perjalananmu. Inilah yang paling membuat hatimu merasa hangat. Meski kamu melakukan solo traveling, kamu nggak akan pernah merasa sendiri karena akan selalu ada kejutan dan teman baru yang akan kamu temui.

Baca Juga:

'So Sweet', Indonesia Surganya Pre-Wedding

4. Dekat dengan alam

pergi
Menikmati hal-hal sederhana dengan alam. (Foto: Pexels/Helena Lopes)


Dengan melancong, kamu jadi lebih mengenal alam. Esensi paling berharga dari traveling adalah bisa menikmati dan merasa lebih dekat dengan alam. Kamu bisa menikmati hal-hal sederhana yang enggak bisa kamu dapatkan di kehidupan perkotaan seperti sejuknya suasana pegunungan, moment sunrise dan sunset di pinggir pantai.


5. Membentuk pribadi baru

pergi
Menjadi pribadi yang baru. (Foto: Pexels/Belle Co.)


Dengan melancong, kamu akan mendapatkan energi yang baru dari pengalaman, kesempatan dan orang-orang yang kamu temui selama perjalanan. Setelah pulang melancong, sadar atau tidak, sebenarnya kamu telah menjadi pribadi yang baru, yang lebih fresh. Ketika kembali ke rutinitas, kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi produktif lagi karena ada satu alasan baik yang menjadi semangat kerjamu. (lgi)


Baca Juga:

Manis dan Hangat Tradisi Minum Teh Khas Nusantara

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH