Bukan Cuma COVID-19, Menyentuh Wajah Memang Sebabkan Banyak Penyakit Menyentuh wajah menjadi kebiasaan banyak orang (Foto: Unsplash/Christopher Campbell)

FUNGSI pemakaian masker selama pandemi virus Corona agar kamu tidak menyentuh wajah secara langsung. Kamu tidak pernah tahu apakah tanganmu bebas dari virus Corona. Salah satu penularan virus Corona memang karena adanya kontak fisik. Makanya kamu tidak disarankan memegang wajah sebelum cuci tangan.

Namun, anjuran tidak menyentuh wajah sebenarnya bukan hanya karena COVID-19 sedang mewabah. Penyakit lain pun bisa menular kalau kamu menyentuh wajah dengan kondisi tangan kotor. Seperti pilek dan virus flu misalnya. Demikian mengutip Smarter Travel.

Baca Juga:

Daftar Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik

Tidak menyentuh wajah kedengarannya memang mudah. Tapi faktanya menyentuh wajah sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Bahkan, bisa jadi kamu tidak sadar sedang melakukannya. Ya contohnya kalau kamu lagi mengetik, sesekali pasti kamu pernah menyentuh wajah. Entah karena gatal atau mengusap mata yang perih karena menatap layar laptop.

Tanpa kamu sadari kamu sering menyentuh wajah saat mengetik (Foto: Unsplash Burst)

Sebuah studi tahun 2015 menemukan rata-rata orang menyentuh wajah mereka 23 kali per jam. Lebih parahnya, 44 persen dari sentuhan itu ke mulut, hidung, mata, atau kombinasi keduanya.

Sentuhan-sentuhan pada bagian-bagian wajah itu tentu amat berbahaya. COVID-19 maupun penyakit lain dapat masuk ke dalam tubuh melalui kontak dengan selaput lendir seperti mata, hidung, dan mulut.

Baca juga:

Mesin Pengering Tangan Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Penjelasannya

Selain itu, jika kamu menyentuh benda publik seperti pegangan pintu atau tombol mesin ATM , kamu akan mudah terkena penyakit. Ya, itu kalau kamu menyentuh wajah setelahnya tanpa mencuci tangan. Benda-benda publik menjadi sarangnya kuman maupun bakteri.

Bagaimana agar kamu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah? Memang tidak mudah. Tapi kamu bisa memulainya dengan kesadaran sendiri. Berusahalah untuk memperhatikan seberapa sering kamu menyentuh tangan, termasuk meletakkan dagu di tangan. Hindari pula kebiasaan menggigit kuku.

Gunakan tisu kalau terpaksa menyentuh wajah (Foto: Unsplash/Brittany Colette)

Lebih mudah lagi kalau kamu sedang bekerja menggunakan laptop. Gunakan situs DoNotTouchYourFace.com. Situs tersebut akan mengingatkan setiap kamu mau menyentuh wajah. Sayangnya platform ini tidak tersedia di ponsel.

CNN melaporkan menyentuh wajah juga sering disebabkan karena stres. Jika itu masalahnya, pertimbangkan untuk mengganti beberapa tindakan lain seperti meremas bola stres atau mengetuk jari-jari kamu di paha.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan, ialah dengan menyentuh lengan ketimbang menyentuh wajah. Jika memang terpaksa, Good Housekeeping menyarankan agar kamu menyentuh wajah menggunakan tisu. Cara ini lebih aman.

Yuk mulai kurangi kebiasaan menyentuh wajah sahabat Merah Putih. Walau nantinya wabah Virus Corona sudah berlalu, jangan sering-sering menyentuh wajah. (ikh)

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH