Buka Puasa dengan Menu Sehat Khas Vietnam, Goi Cuon Variasi makanan buka puasa khas Vietnam, Goi Cuon (Foto: LinsFood)

BAGI ibu rumah tangga atau mereka yang sibuk di dapur, waktu pagi menuju siang adalah waktu di mana mereka memikirkan menu yang akan dihidangkan saat berbuka puasa. Kadang memutuskan untuk membuat hidangan tertentu bisa menjadi sulit, terlebih bagi mereka yang tidak biasa memasak di dapur.

Satu menu sederhana yang bisa dijadikan ide untuk menu buka puasa adalah lumpia khas Vietnam, mudah untuk dibuat dan kamu bisa memasukkan berbagai macam variasi bahan ke dalamya.

Tidak perlu proses penggorengan, makanan yang sering disebut dengan fresh spring roll atau goi cuon dalam bahasa Vietnam ini, pada dasarnya adalah berbagai bahan makanan yang dibungkus dalam kulit lumpia basah yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini sangat populer disajikan di negara asalnya sebagaimana itu mudah dibuat dan cocok untuk disantap bersama keluarga.

Sangat simpel, bahan-bahan untuk isian yang biasanya dibungkus dalam kulit lumpia tersebut dapat dengan mudah kita temukan. Misalnya:

- Sayuran

- Protein

- Rempah

- Saus

Umumnya untuk goi cuon, kamu dapat menggunakan mentimun, paprika merah, wortel, kubis, dan tauge. Kamu juga bisa menambahkan jenis sayuran lain seperti jamur sampai cabai untuk menambahkan rasa pedas.

Untuk pilihan protein menu ini tergantung selera, udang rebus sering digunakan sebagai isian dalam goi cuon. Kamu juga bisa menggantinya dengan ayam rebus, atau tahu yang terlebih dahulu digoreng untuk mendaptkan tekstur yang pas.

Rempah atau dedaunan yang umum digunakan untuk isian goi cuon khas Vietnam yakni daun ketumbar, yang menjadi unsur penting dari makanan khas negeri tersebut. Kamu juga bisa menambahkan daun mint, basil, bahkan daun wijen korea.

Hidangan khas Vietnam ini tidak akan lengkap jika tidak disajikan bersama saus cocolnya. Tak perlu repot, saus hoisin, sriracha, atau sambal Bangkok yang bisa kamu temukan di supermarket cukup untuk melengkapi goi cuon. Namun jika kamu menginginkan saus yang lebih istimewa, saus dapat dibuat mengguakan kecap ikan yang dicampurkan dengan sedikit asam (cuka atau lemon), bawang putih giling, dan gula. Dijamin saus cocolan ini akan membuat hidangan buka puasa kamu dan sekeluarga jadi lebih spesial.

Cara membuatnya?

Buka Puasa dengan Menu Sehat Khas Vietnam, Goi Cuon
Proses menggulung Goi Cuon sangatlah sederhana dan mudah untuk dilakukan (Foto: gulfnews)

Sangatlah mudah, proses penggulungan bisa dilakukan sesuka hati layaknya pelajaran prakarya yang pernah kamu dapatkan saat duduk di sekolah dasar. Letakkan seluruh bahan-bahan yang telah disebutkan diatas kulit lumpia beras dengan jumlah yang pas, lalu gulung semuanya secara perlahan. Pastikan semua bahan masuk dalam gulungan tersebut, ini akan menjadi proses yang menyenangkan.

Setelah semua tergulung dalam bentuk panjang (seperti lontong), kamu bisa langsung menikmatinya dengan mencocolkan goi cuon dengan saus yang telah dibuat sebelumnya. Atau jika ingin lebih terlihat istimewa dan instagramable untuk diunggah ke media sosial, kamu bisa memotong gulungan goi cuon menjadi dua atau tiga bagian.

Baca juga:

Resep Olahan Kurma untuk Buka Puasa yang Istimewa

Lambai, Urap Khas Ramadan dari Serambi Mekah

Mudah dan sederhana bukan untuk membuatnya? Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, sebagaimana bahan baku yang dibutuhkan untuk makanan khas Vietnam ini mudah ditemukan, pada gilirannya kamu akan menikmati variasi menu buka puasa selain lontong dan gorengan setiap hari. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH