Buka Muktamar Ke-34 NU, Jokowi: Terima Kasih Sudah Kawal Toleransi dan NKRI

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 22 Desember 2021
Buka Muktamar Ke-34 NU, Jokowi: Terima Kasih Sudah Kawal Toleransi dan NKRI
Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama, (NU) di Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (22/12). Foto: Setkab

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Darussa’adah, Lampung Tengah, Rabu (22/12).

Hal ini ditandai dengan pemukulan rebana didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur Provinsi Lampung Junaidi.

Baca Juga

Buka Muktamar NU, Kiai Said Singgung Nasionalisme dan Agama

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya secara resmi membuka Muktamar Ke-34 NU,” katanya menutup pidato sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada NU yang telah membantu pemerintah dalam menenangkan masyarakat di masa Pandemi COVID-19.

“Atas nama pemerintah, atas nama masyarakat, negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Nahdlatul Ulama yang telah membantu pemerintah dalam menenangkan umat dan masyarakat dalam masa pandemi,” ujarnya.

Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama, (NU) di Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (22/12/2021). ANTARA/Indra Arief
Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama, (NU) di Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (22/12/2021). ANTARA/Indra Arief

Terima kasih juga ia ucapkan karena NU telah mengajak masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi.

“Yang kedua juga terima kasih Nahdlatul Ulama yang juga telah mengajak untuk menaati prokes dan ikut berbondong-bondong ikut program vaksinasi,” ujarnya.

“Ini saya rasakan betul ajakan para kiai dan ulama untuk ikut vaksinasi,” sambung Jokowi.

Baca Juga

Kenakan Jas dan Sarung, Jokowi Bertolak ke Lampung Buka Muktamar NU

Jokowi juga mengapresiasi penerapan prokes yang ketat dengan pendampingan dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dalam penyelenggaraan Muktamar Ke-34 NU ini. Ia berharap para peserta dapat kembali dengan sehat.

“Saya mengapresiasi protokol kesehatan didampingi satgas. Insyaallah kita kembali ke daerah masing-masing dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Presiden kelahiran Surakarta pada 21 Juni 1961 itu juga berterima kasih kepada NU yang terus mengawal kebangsaan, toleransi, kemajemukan, Pancasila, UUD 1945, kebinekaan, NKRI.

“Dan kita harapkan dengan itu, kita terus bisa menjaga dan merawat bangsa dan negara yang kita cintai,” kata Jokowi.

Muktamar merupakan forum permusyawaratan tertinggi di NU. Selama 2-3 hari forum ini akan membahas hal-hal strategis terkait persoalan kebangsaan dan keumatan, menghasilkan rekomendasi untuk pemerintah dan masyarakat secara umum, serta menetapkan pemimpin baru untuk masa khidmah berikutnya. (Pon)

Baca Juga

Menag Yaqut Bantah Lakukan Intervensi Muktamar ke-34 NU

#Presiden Jokowi #Nahdlatul Ulama
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan