Buka Inacraft 2017, Jokowi Cerita Pengalaman Saat Jadi Peserta Pameran Presiden Jokowi meresmikan Inacraft 2017 di JCC. (Twitter @theINACRAFT)

Presiden Joko Widodo membuka pameran kerajinan tangan Inacraft 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (26/4). Pada kesempatan itu, Jokowi mengakui dirinya pernah menjadi salah satu peserta Inacraft.

"Saya sendiri pernah menjadi pengerajin, menjadi pengusaha dan saya pernah mengikuti Inacraft, tahunnya saya lupa tapi awal tahun 2000-an," kata Presiden Jokowi di hadapan para peserta dan pengunjung Incacraf 2017.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi merupakan seorang pengusaha mebel di kota kelahiranya Solo, Jawa Tengah, sebelum masuk ke dunia politik saat menjadi wali Kota Solo pada 2005.

Inacraft 2017 adalah gelaran yang ke-19. Tahun ini Inacraft berlangsung pada 26-30 April 2017 dan mengikutsertakan 1.392 peserta dari Indonesia dan luar negeri. Pada tahun ini Inacraft mengambil ikon Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep "Magnificent of Jogjakarta" dan tema "From Smart Village to Global Market".

"Ini pameran Inacraft sudah 19 tahun dan yang ingin masuk menjadi peserta di sini pun mengantre, banyak yang ingin masuk dan tidak terseleksi untuk menjadi peserta atau eksibitor," ungkap Presiden Jokowi seusai berkeliling ke stan-stan di Inacraft.

Data Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) selaku penyelenggara pameran menunjukkan peserta Inacraft 2017 terdiri atas 65,95 persen peserta mandiri atau individu; 24,5 persen peserta dari dinas pariwisata; 8,7 persen peserta dari didikan BUMN dan sisanya 6,07 persen dari luar negeri seperti Myanmar, Jepang, Pakistan, Polandia dan India.

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH