Buka IIMS 2018, Jokowi Ingatkan Tantangan Industri 4.0 di Dunia Otomotif Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Foto:kabaroto.com

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan tren revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi automasi dan digital saat membuka pameran kendaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

"Bahwa akan ada gejolak teknologi di sektor otomotif, iya. Bahwa revolusi industri 4.0 ini akan menjungkir balikkan industri otomotif, iya. Tapi menurut saya transisi ke generasi berikutnya dari teknologi otomotif ini akan membuka peluang, membuka potensi luar biasa," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4).

Menurut Presiden, tema dalam IIMS 2018 yang mengangkat dukungan dan komitmen kepada produk mobil listrik mencerminkan industri otomotif di tanah air merespons perkembangan industri global. Revolusi industri 4.0 dinilai Presiden dapat mengarahkan industri otomotif untuk bertransisi mengembangkan teknologi dan membuka peluang industri otomotif tanah air.

jokowi airlangga
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Foto:kabaroto.com

Dampak penggunaan teknologi digital yang mempermudah transportasi bagi masyarakat juga akan meningkatkan produksi kendaraan di tanah air seiring kebutuhan kendaraan yang digunakan.

"Saya percaya bahwa dengan industri 4.0, pertumbuhan sektor otomotif justru akan melonjak, bukan menciut. Dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan di seputar sektor otomotif dan sektor transportasi mobil juga akan bertambah, bukan berkurang," ujar Jokowi, dilansir Antara.

Sebaliknya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menekankan peran penting industri otomotif dalam memangkas pengangguran di Tanah Air. Menurut dia, indutsri otomotif memberikan kesempatan kerja kepada lebih dari 1,5 juta orang, mulai dari sektor hulu hingga hilir.

"Terdistribusi pada berbagai lapangan kerja mulai dari industri perakitan, komponen lapis pertama, kedua, dan ketiga, hingga tenaga kerja di tingkat bengkel resmi," kata Ketua Umum (Ketum) Golkar itu, saat memberikan sambutan dalam kesempatan yang sama.

IIMS 2018
Suasana Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Foto:kabaroto.com

Otomotif Tumbuh Pesat

Menperin juga memaparkan industri otomotif Indonesia tumbuh pesat dengan kontribusi yang sangat signifikan pada perekonomian nasional. Angka produksi kendaraan bermotor roda empat meningkat menjadi 1,216 juta unit pada tahun 2017 dari 1,177 juta unit pada tahun 2016.

Pesatnya pertumbuhan industri otomotif juga diperkuat dengan peningkatan ekspor unit kendaraan utuh (CBU) sebanyak 231.000 unit pada tahun 2017 dari 194.000 unit pada tahun 2016. Adapun, ekspor komponen otomotif meningkat 13 kali menjadi 81 juta komponen pada tahun 2017, dari 6,2 juta komponen pada tahun 2016.

jokowi iims 2018
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Foto:kabaroto.com

Airlangga mengakui pemerintah tidak bisa menutup mata atas sumbangan industri otomotif bagi perekenomian nasional dan membuka peluang lapangan kerja. Untuk itu, lanjut dia, pemerintah berkomitmen menerbitkan regulasi yang efektif untuk memberi ruang penambahan investasi baru maupun perluasan, serta adopsi teknologi terkini. "Diharapkan dapat tercipta iklim usaha yang kondusif," tegas Menperin.

Dalam IIMS kali ini, tercatat 15 agen pemegang merk kendaraan roda empat turut serta dalam pameran yang dilaksanakan pada 19-29 April itu. Sejumlah merk kendaraan roda dua asal Jepang, Korea dan Eropa juga memamerkan beberapa kendaraan barunya. Dalam mendukung industri aksesoris otomotif, Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (Gatomi) turut membuka gerai di IIMS 2018. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH