Bugatti Luncurkan Mobil Listrik 'Baby' Diambil dari model orisinil yang legendaris. (Foto: gtsprint)

DIBANGUN untuk Grand Prix Prancis 1924, Lyon, Tipe 35 adalah mobil balap legendaris pada zamannya. Ia telah memenangkan sekitar 2000 balapan. Sekarang untuk merayakan ulang tahun ke 110 mereka, Bugatti luncurkan Baby 2, si kendaraan listrik setelah hampir satu dekade.

Dilansir dari laman Interesting Engineering, Baby versi orisinil dirancang khusus untuk pengemudi muda. Berukuran sekitar 1/3 dari Tipe 35. Baby 2, di sisi lain, berukuran 3/4 dari ukuran Tipe 35, sangat cocok untuk orang dewasa dan anak-anak.

Baca juga:

Tiga Mobil Klasik Stainless Steel Siap Dilelang

1
Baterai yang dapat dilepas menjadi pembeda dengan versi sebelumnya. (Foto: prestigeelectriccar)

Baby 2 adalah buatan tangan, mengambil Type 35 orisinil sebagai blue print desainnya. Agar tetap setia pada desain asli sebanyak mungkin, itu dipindai secara digital.

Sama seperti Baby pendahulunya, model baru ini juga beroperasi pada konfigurasi penggerak roda belakang. Satu perbedaan utama ada pada paket baterai yang dapat dilepas. Jika kehabisan baterai mid-drive, kamu dapat dengan mudah memasukkan paket lain hanya dalam hitungan menit.

Memanfaatkan teknologi saat ini, Baby 2 juga memiliki diferensial selip terbatas, berfungsi mengalihkan torsi roda ke roda lainnya jika salah satunya kehilangan daya tarik.

Bersamaan dengan fitur keren ini, ada juga pengereman regeneratif. Fitur ini dapat mengubah beberapa energi kinetik yang dihasilkan dari pengereman kembali menjadi energi listrik untuk meningkatkan jarak tempuh total.

Baca juga:

Beberapa Balapan Mobil Vintage Paling Ikonik di Dunia

2
Setia pada desain orisinilnya. (Foto: motorauthority)

Mobil ini hadir dalam mode pilihan, mode pemula dan mode ahli. Dalam mode pemula, daya terbatas pada 1 kW dan kecepatan tertinggi dibatasi pada 20 km per jam. Untuk mode ahli, batasnya adalah 4 kW dan batas kecepatan tertinggi adalah 45 per jam.

Pelanggan diberi pilihan untuk melakukan peningkatan Speed Key, yang menonaktifkan batas kecepatan dan meningkatkan daya hingga 10 kW.

Akan ada tiga pilihan berbeda untuk Baby 2, yaitu Base, Vitesse, dan Pur Sang. Model dasar dilengkapi dengan baterai 1.4 kWh, memberikan 1,3 HP dalam mode pemula, dan 5,8 HP di ahli.

Dua model lainnya, Vitesse dan Pur Sang masing-masing memiliki paket baterai 2,8 kWh. Vitesse memiliki bodywork serat karbon, sementara Pur Sang memiliki bodywork aluminium berbentuk tangan. Peningkatan Speed Key tersebut memungkinkan untuk output HP 13,4.

Baby orisinil diproduksi pada tahun 1926 oleh Ettore Bugatti. Saat itu banyak pelanggan tertarik dengan desain mobil tersebut dan permintaan pun berdatangan.

Namun, versi orisinil hanya diproduksi untuk putranya, yang awalnya direncanakan hanya sebagai proyek satu kali.

Pada akhirnya, Bugatti memproduksi 500 salinan Baby orisini. Hal yang sama berlaku untuk Baby 2. Hanya akan ada 500 baby ini mondar-mandir di jalanan. (lgi)

Baca juga:

#DiRumahAja, Streaming Film Dokumenter Mobil Terbaik

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH