Budaya Ngopi di London Lebih Simple Dibandingkan Jakarta Feby Indirani (tengah) saat membagikan pengalamannya di ICE 2020 (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

LONDON dan Jakarta memiliki budaya ngopi yang nyaris serupa. Mulai dari aktivitas yang dilakukan di coffee shop, hingga kapan waktu mereka pergi ngopi di kedai yang sama. Namun, ada perbedaan mendasar yang rupanya dipengaruhi oleh struktur masyarakat.

Penulis Indonesia yang pernah bermukim di London, Feby Indirani, membagikan pengalmannya saat menjadi pembicara di acara talkshow di Indonesia Coffee Events (ICE) 2020, Gedung Smesco, Jakarta. Ia menuturkan secara umum kafe yang ada di Jakarta ditampilkan secara mewah. Mulai dari interior hingga ornamen-ornamen yang menghiasi ruangan. Kesan mewah bahkan sudah terasa sejak kita masuk ke dalam kedai.

Baca juga:

Bedanya Gaya Ngopi Orang Jakarta dan London

"Aku ngga bisa bilang semua, tetapi memang sebagian coffee shop yang ada di Jakarta terutama yang di mal punya kesan mengintimidasi," ujarnya, Kamis (13/2).

Latte art di Indonesia juga simple (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Berbeda dengan interior kedai kopi di Jakarta yang mewah, kedai yang tersebar di London justru memiliki desain yang simpel "Interiornya simpel dan didominasi kayu. Tidak banyak ornamen rumut. Kesannya inklusif," jelas Feby. Dirinya menambahkan bahwa tak jarang kedai kopi di London terlihat kecil di luar namun bagian dalamnya justru luas.

Berdasarkan penilaian Feby, kesan minimalis dan simpel tersebut diusung oleh masyarakat London karena mereka menganut budaya egaliter. "Budaya mereka tidak seperti budaya orang Jakarta yang hobi ngemal," jelasnya.

Tak hanya dari eksterior, Feby juga menyoroti latte art pada kopi Indonesia yang lebih unik. "Kalau untuk latte art, di London tidak seberkembang Jakarta. Di sini selalu ada yang unik. Sampai ada wajah orang dilukis di atas kopinya. Di London ngga kayak gitu. Latte artnya hanya smile, mereka jauh lebih simpel," urainya. (Avia)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH