Kalimantan Barat, Daerah Seribu Sungai

Bubur Sambas, Sarapan Khas Melayu di Kalbar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 20 November 2018
Bubur Sambas, Sarapan Khas Melayu di Kalbar
Bubur Sambas yang penuh dengan lauk menyehatkan. (Foto: instagram@eliviaz)

BUBUR ayam merupakan makanan sarapan khas Indonesia. Selain dijual di kedai-kedai, biasanya dijajakan melalui gerobak-gerobak di pinggir-pinggir jalan. Bubur ayam selalu menjadi sarapan favorit seluruh masyarakat.

Taburan ayam suir wajib ada dalam sajian bubur ayam. Penggunaan daging ayam ini yang membuatnya dinamakan "bubur ayam". Penyebutan bubur ayam untuk membedakan bubur asin dengan bubur manis seperti bubur kacang, meski ada juga yang tak menggunakan daging ayam.

Salah satu bubur ayam daerah terkenal yaitu bubur sambas. Jenis bubur ayam ini sangat terkenal di Kalbar sebagai meu sarapan. Tapilannya sangat menggugah selera dan diakui sangat lezat sebagai sajian di pagi hari.


1. Bubur asli Melayu yang nikmat dengan rasa pedas

Bubur Sambas. (Foto: instagram.com/anditangela.ega)
Bubur Sambas yang disajikan pada sarapan. (Foto: [email protected])

Bubur Sambas merupakan hidangan khas Suku Melayu yang ditemukan baik di Sambas maupun di Serawak wilayah Malaysia. Di Serawak, bubur tersebut biasanya disajikan sebagai menu buka puasa. Teksturnya yang lembut cocok disajikan sebelum makanan berat.

Bubur Sambas kemudian menyebar juga hingga ke Ibu Kota Pontianak. Bubur ini dikenal juga sebagai bubur pedas. Biasanya dijajakan sebagai menu jalanan dengan menggunakan gerobak-gerobak


2. Buburnya berwarna hitam kemerahan menambah selera makan

Teri goreng bahan wajib untuk bubur Sambas. (Foto: instagram.com/kirei_foods)
Teri goreng bahan wajib untuk bubur Sambas. (Foto: instagram@kirei_foods)

Bubur Sambas sangat berbeda dengan bubur ayam daerah lain. Penampilan bubur daerah lain biasanya berwarna putih atau kekuning-kuningan, Maka bubur Sambas agak hitam kemerah-merahan. Pasti membuat selera sarapan kamu bertambah ketika melihatnya.

Bubur Sambas berbahan utama beras giling, kacang panjang, wortel, tetelan, kangkung, hingga ubi jalar. Penggunaan bahan yang kaya membuat bubur Sambas terkenal sangat sebagai menu sarapan yang sangat sehat. Bahan tambahan lain yang terkenal yaitu teri gorengnya.


3. Bumbu-bumbu

Bubur Sambas. (Foto: instagram.com/apri_apank)
Kaldunya membuat buburnya bertambah nikmat. (Foto: instagram@apri_apank)

Bubur Sambas juga menggunakan saus atau kaldu. Ditambahkan juga kecap sebagai penyedap lain. Bumbu-bumbu dasarnya yaitu bawang merah, bawang putih, terasi, merica, dan cabai. Ada juga penggunakan lengkuas dan bumbu wangi seperti serai dan daun alam. (zul)

#Kalimantan Barat, Daerah Seribu Sungai #Kuliner Kalimantan Barat #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan