K-Pop
Bubarnya Grup K-Pop Paling Menghebohkan Bubarnya GFRIEND begitu mengejutkan. (Sumber: KSTYLE)

BAGI penggemar K-Pop, tidak ada yang lebih sulit dan membuat mereka terpuruk dari bubarnya grup idola mereka. Bahkan ada beberapa grup yang pembubarannya mengejutkan dan mengecewakan publik meskipun mereka bukan fansnya.

Berikut grup dengan pembubaran paling mengejutkan di K-Pop:

Baca juga:

Prediksi Perkembangan K-Pop di 2021

10. S # ARP

SHARP
SHARP. (Sumber: World Music)

Dengan 1 persen suara, pembubaran S # ARP menduduki peringkat ke-10 pembubaran paling mengejutkan di K-Pop. Grup gabungan S # ARP (juga dikenal sebagai SHARP) dibubarkan pada tahun 2002, hanya empat tahun setelah debut mereka. Alasan bubarnya pun cukup mencengangkan: penyerangan.

Member grup tersebut yakni Lee Ji-hye dan Seo Ji-young terlibat dalam konflik verbal dan fisik. Lee Ji-hye melaporkan bahwa Seo Ji Young menindasnya dan memprovokasi anggota grup lainnya untuk melakukan hal yang sama. Hingga hari ini, skandal tersebut tetap menjadi salah satu yang terbesar dari generasi pertama K-Pop.

9. miss A

MISS A
MISS A. (Sumber: JYP )

Dengan 2 persen suara, pembubaran Miss A menduduki peringkat ke-9 pembubaran paling mengejutkan di K-Pop. Miss A secara resmi dibubarkan pada Desember 2017, tujuh tahun setelah debut mereka. Meskipun dibubarkan, grup tersebut sudah tidak aktif sejak 2015. Salah satu anggota Jia keluar pada tahun 2016. Miss A adalah salah satu grup perempuan terbesar pada masanya dengan banyak hit no.1.

8. PRISTIN

PRISTIN
PRISTIN. (Sumber: Pledis Entertainment)

Dengan 2 persen suara, pembubaran PRISTIN menduduki peringkat ke-8 pembubaran paling mengejutkan di K-Pop. PRISTIN memiliki salah satu debut yang paling dinanti setelah beberapa anggota grup muncul di musim pertama Produce 101.

Namun, secara mengejutkan mereka bubar hanya tiga tahun kemudian yaitu pada tahun 2019. Pada saat itu, tujuh anggota memutuskan kontrak mereka dengan Pledis Entertainment. Banyak penggemar menyalahkan buruknya manajemen perusahaan, sehingga terjadi perpecahan di PRISTIN.

7. X1

x1
X1. (Sumber: Stone Music)

X1 dibentuk di Produce X 101. Grup tersebut memulai debutnya tak lama setelah final pada Agustus 2019. Jadi tidak ada yang menyangka grup tersebut akan bubar hanya empat bulan kemudian yakni pada Januari 2020. Sayangnya, X1 menjadi korban skandal manipulasi suara Mnet.

Grup itu ditemukan telah melakukan penipuan dan secara tidak adil menghilangkan enam peserta pelatihan dari musim tersebut. Setelah agensi anggota X1 gagal menyetujui masa depan mereka, grup tersebut akhirnya dibubarkan.

6. Wanna One

Wanna One
Wanna One. (Sumber: Stone Music)

Pembubaran Wanna One menduduki peringkat ke-6 pembubaran paling mengejutkan di K-Pop. Dibentuk pada musim kedua Produce 101, Wanna One selalu diproyeksikan sebagai grup sementara. Mereka bubar setelah lebih dari setahun promosi pada tanggal yang disepakati semula pada 31 Desember 2018, meskipun mereka terus mengadakan konser bersama pada bulan berikutnya.

Sementara pembubaran Wanna One tidak bisa dihindari, banyak penggemar yang berharap kontrak grup akan diperpanjang mengingat kesuksesan komersial mereka yang luar biasa.

Baca juga:

Grup K-Pop ini Malah Lebih Ngetop di Luar Korea Selatan

5. SISTAR

sistar
SISTAR. (Sumber: vLIVE)

SISTAR bubar pada 2017, tujuh tahun setelah debut mereka. Dikenal sebagai "Ratu Musim Panas" dari generasi kedua, SISTAR adalah grup yang diharapkan banyak penggemar untuk tetap bersama untuk waktu yang lama karena kesuksesan mereka.

Berbeda dari grup lainnya yang sudah vakum cukup lama sebelum akhirnya bubar. SISTAR tetap aktif sampai pembubaran mereka. Dan setiap single yang mereka rilis dari tahun 2011 dan seterusnya memuncak di no. 1 di Gaon.

4. 2NE1

2ne1
2NE1. (Sumber: YG Entertainment)

Setelah debut pada tahun 2009, 2NE1 bubar tujuh tahun kemudian pada tahun 2016. Grup yang digawangi oleh CL, Sandara Park, Park Bom, dan Minzi tersebut dikenal sebagai pioner musik Kpop.

Lagu-lagu yang mereka hasilkan pun kerap menjadi hits. Sayangnya, sebuah skandal serius Park Bom yang kedapatan mengonsumsi amfetamin (ilegal di Korea Selatan) membuat grup besutan YG Entertainment tersebut harus vakum hingga akhirnya bubar.

3. Seo Taiji & Boys

Seo taiji
Seo Taiji & Boys. (Sumber: Yedang Company)

Seo Taiji & Boys dianggap sebagai salah satu grup pria pertama di Korea Selatan. Tidak mengherankan jika pembubaran mereka adalah salah satu kejutan paling awal bagi penggemar.

Bahkan, para member (Lee Ju-no dan pendiri YG Entertainment Yang Hyun-suk) pun terkejut ketika Seo memutuskan untuk membubarkan grup tersebut. Hingga saat ini, album mereka masih menjadi penjualan tertinggi di negara ini, mencapai total penjualan 2 juta.

2. IZ * ONE

IZ*ONE
IZ*ONE. (Sumber: Stone Music)

Seperti Wanna One, grup Produce 48 IZ * ONE dibubarkan sesuai jadwal pada April 2021. Namun, penggemar terkejut karena mereka tidak melanjutkan kebersamaan karena beberapa alasan.

Selain meraih sukses besar, IZ * ONE juga menghadapi jeda beberapa bulan karena skandal manipulasi suara Mnet, yang secara tidak adil menyingkirkan dua kontestan yang seharusnya berada di baris terakhir.

1. GFRIEND

GFRIEND
GFRIEND. (Sumber: Source Music)

Banyak yang terkejut ketika GFRIEND meninggalkan agensi mereka pada Mei 2021, enam tahun setelah debut mereka. Tampaknya GFRIEND memiliki kontrak enam tahun yang tidak biasa. Sebab tidak ada anggota yang memilih untuk memperbarui kontrak dengan Source Music.

Sampai saat ini, para anggota belum mengungkapkan alasan mereka memilih untuk berpisah dari perusahaan. Namun, pernyataan perusahaan tidak menggunakan istilah "bubar", jadi ada kemungkinan GFRIEND dapat terus bersama di bawah nama dan agensi yang berbeda. (avia)

Baca juga:

Kenapa K-pop Bisa Mendunia?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’
ShowBiz
Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’

Kisah yang tadinya direncanakan 20 episode untuk satu musim malah molor jadi 7 musim dengan total 365 episode secara keseluruhan.

Tokocrypto Bebaskan Biaya Trading untuk Pembelian Ethereum
Fun
Tokocrypto Bebaskan Biaya Trading untuk Pembelian Ethereum

Membebaskan biaya trading Bitcoin dengan pairing fiat untuk seluruh penggunanya.

MGPA Buka Pendaftaran Volunteer WSBK Mandalika 2022
Fun
MGPA Buka Pendaftaran Volunteer WSBK Mandalika 2022

Terbuka untuk umum, terutama warga Lombok Tengah dan sekitarnya.

4 Tips Tetap Profit saat Bear Market untuk Investor Kripto
Fun
4 Tips Tetap Profit saat Bear Market untuk Investor Kripto

Bear market adalah kondisi pasar saham yang sedang melemah atau turun.

Apple Buat Film Dokumenter Sidney Poitier
ShowBiz
Apple Buat Film Dokumenter Sidney Poitier

Kisah hidup Sidney Poitier akan dirangkum dalam sebuah film dokumenter.

Investasi Kripto Jadi Sarana Pengembangan Anak Muda
Fun
Investasi Kripto Jadi Sarana Pengembangan Anak Muda

Banyak anak muda yang tertarik untuk investasi kripto di jangka panjang.

Pilihan Minuman Sehat untuk Si Kecil
Fun
Pilihan Minuman Sehat untuk Si Kecil

Beri si kecil minuman terbaik yang menyehatkan.

'LiSA Another Great Day', Dokumenter Netflix untuk Penyanyi J-Pop LiSA
ShowBiz
'LiSA Another Great Day', Dokumenter Netflix untuk Penyanyi J-Pop LiSA

LiSA Another Great Day akan menceritakan perjalanan karier sang penyanyi.

Memelihara Kucing Bantu Kesehatan
Fun
Memelihara Kucing Bantu Kesehatan

Mampu menjadi sumber dukungan emosional bagi pemiliknya.

Baim Wong Garap Film Perdananya
ShowBiz
Baim Wong Garap Film Perdananya

Tiger Wong Entertainment sedang mempersiapkan film perdananya.