Bubar, Idola Grup K-Pop Ini Masih Dirindukan Para Penggemar hingga Sekarang 2NE1 (Sumber: YG Entertainment)

MENJAGA eksistensi dan kekompakan sebuah tim bukan perkara mudah bagi musisi yang tergabung dalam suatu grup. Keinginan untuk menjaga kekompakan grup dan mengembangkan karier individu seolah menjadi dua mata pisau bagi mereka. Jika tak mampu lagi mengendalikan, bubar seolah menjadi solusi.

Hal demikian dialami pula oleh selebritas Korea Selatan. Member dari sejumlah grup terpaksa harus menjalankan proyek masing-masing atau dengan kata lain mengakhiri kerja sama mereka dalam suatu grup. Sejumlah idola grup besar tak luput dari ancaman bubar.

Mulai dari Wonder Girls hingga 2NE1 harus berpisah. Perpisahan tak hanya mengecewakan penggemar, tetapi juga membuat mereka merindukan aksi panggung mereka. Berikut idola grup yang telah bubar, tapi tetap dirindukan.

1. Wonder Girls

Wonder Girls
Wonder Girls (Sumber: JYP Entertainment)

Kehadiran Wonder Girls di tahun 2007 memberi warna baru bagi industri musik Korea Selatan. Grup yang beranggotakan Sunye, Yeeun, Sunmi, Hyuna, dan Sohee tersebut menawarkan gaya retro yang begitu khas. Tak hanya itu, lagu-lagu mereka seperti "Tell Me", "So Hot" dan "Nobody" meledak di pasaran. Mimpi buruk Wonder Girls dimulai ketika proyek debut mereka di Amerika Serikat gagal. Hal tersebut semakin diperparah dengan hengkangnya dua member, Sohee dan Sunye pada 2013. Ketiga member lainnya masih meneruskan kegiatan bersama Wonder Girls hingga JYP mengumumkan bubarnya grup tersebut pada 2017.

2. 2NE1

2NE1
2NE1 (Sumber: YG Entertainment)

Grup 2NE1 dikenal sebagai idola grup perempuan paling berani, inovatif dan dicintai oleh publik. Idola grup yang dikenal sebagai saudara perempuan dari BIGBANG ini diperkuat oleh warna suara yang unik dan gaya busana stylish. Kesuksesan mereka tak hanya di Korea Selatan tetapi juga luar Korea. Itu dibuktikan dengan kerjasama mereka dengan musisi Amerika, WILL.I.AM dan grup hip-hop asal Jepang, M-Flo. Pada April 2016, YG Entertainment mengonfirmasikan hengkangnya Minzy dari grup. 2NE1 resmi bubar pada November 2016.

3. KARA

KARA
KARA (Sumber: Soompi)

KARA memulai debutnya pada tahun 2007. Mereka dikenal akan pesona alami dan koreografi yang sangat adiktif. Mereka mengalami kesuksesan yang tersebar luas di Korea Selatan dan Jepang serta memecahkan sejumlah rekor di Oricon Chart. Kesuksesan mereka ternyata sejalan dengan kontroversi yang terjadi. Di tahun 2014, mereka mengejutkan penggemar dengan kabar hengkangnya Nicole dan Jiyoung. Anggota yang tersisa Gyuri, Seungyeon, dan Hara masih melanjutkan kegiatan bersama KARA dengan member baru, Youngji. Selang dua tahun kemudian, mereka sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak.

4. SISTAR

Sistar
SISTAR (Sumber: Allkpop)

Grup yang dijuluki 'Queen of Summer' ini memulai debut pada 2010. Sejak awal kemunculannya, mereka dikenal sebagai boneka yang fit karena bentuk tubuh proporsional dan indah. Mereka tak ragu memamerkan tubuh sintal dengan cara elegan. SISTAR menjadi grup paling dicintai di Korea Selatan. Namun bayang-bayang "'Kutukan 7 Tahun' membayangi mereka. Benar saja, tujuh tahun kemudian tepatnya Mei 2017, SISTAR mengumumkan bahwa lagu Lonely menjadi comeback terakhir mereka.

5. MISS A

MISS A
MISS A (Sumber: JYP Entertainment)

"Kutukan 7 tahun" merupakan momok menakutkan bagi setiap idola grup. Termasuk MISS A. Penggemar berharap Jia, Min, Fei, dan Suzy akan selamat dari kutukan yang begitu ditakuti tersebut. Sayangnya, harapan tersebut tidak terkabul. MISS A mulai goyah setelah ditinggalkan membernya, Jia pada 2016 dan Min pada November 2017. JYP mengonfirmasi bahwa grup tersebut resmi bubar pada Desember 2017.

6. 2AM

2AM
2AM (Sumber: JYP Entertainment)

Sebuah idola grup beranggotakan 11 orang, One Day memiliki dua subgrup dengan kegiatan dan warna musik berbeda, 2PM dengan musik hip-hop dan 2AM dengan musik ballad. 2AM memulai debutnya pada 2008 dengan lagu berjudul "This Song". Sejak saat itu, grup tersebut menghasilkan banyak lagu indah yang easy listening seperti "Never Let You Go", "If You Hurt Like Me", dan "One Spring Day". Penggemar dibuat patah hati dengan pemberitaan bubarnya grup tersebut pada 2014.

7. Wanna One

WANNA ONE
WANNA ONE (Sumber: Allkpop)

Wanna One adalah produk yang dibentuk oleh acara Produce 101 musim kedua. Geup ini langsung meraih kesuksesan besar di dalam dan luar negeri. Selama terbentuk, mereka melakukan tur keliling dunia dan sukses menjual lebih dari 3,6 juta kopi album di Korea saja. Sayangnya, kesuksesan besar tersebut harus berakhir setelah mereka mengumumkan konser terakhir mereka pada 27 Januari 2019.(avia)
Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH