Buat Kopi Pagimu Jadi Lebih Sehat dengan 3 Cara Sederhana Ini Tips membuat kopi pagi kamu menjadi lebih sehat (Foto: pixabay/Engin_Akyurt)

BAGI kamu khususnya para pecinta kopi pasti setuju dengan gagasan kesehatan dari minuman favoritmu tersebut. Selain memasok antioksidan dalam jumlah besar, kebiasaan minum kopi setiap hari juga dapat membantu kamu untuk menangkal sejumlah penyakit termasuk diabetes tipe 2, parkinson, dan kanker usus besar dan payudara.

Untuk memaksimalkan manfaat kopi, berikut tiga cara sederhana membuat kopi di pagi hari kamu jadi lebih sehat. Yuk, simak!

1. Minumlah segelas air terlebih dahulu

Buat Kopi Pagimu Jadi Lebih Sehat dengan 3 Cara Sederhana Ini
Minumlah air mineral terlebih dahulu sebelum meminum kopi (Foto: pixabay/skeeze)

Menurut penelitian, ditemukan bahwa meskipun kafein bersifat diuretik (artinya memicu kehilangan cairan), tubuh kamu dapat menyesuaikan diri dengan asupan kafein yang konsisten, yang meniadakan efek dehidrasi.

Namun, banyak orang yang memulai hari dengan kopi mendapati bahwa mereka tidak minum cukup air putih pada akhir hari.

Jika kamu merupakan salah satu dari mereka, cobalah menenggak setidaknya satu cangkir atau delapan ons air putih ketika kamu bangun tidur.

Benar adanya, Hal ini bertujuan untuk memenuhi target empat porsi air atau sekitar 16 ons sepanjang hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Kurangi satu bungkus gula

Buat Kopi Pagimu Jadi Lebih Sehat dengan 3 Cara Sederhana Ini
Kurangi gula pada kopi di pagi hari (Foto: pixabay/shixugang)

The American Heart Association merekomendasikan batas harian enam sendok teh tambahan gula per hari untuk perempuan. Itu memang menyisakan ruang untuk gula dalam kopi kamu, tetapi berhati-hatilah dengan banyaknya gula yang kamu gunakan.

Alih-alih menuangkannya dari wadah yang lebih besar, gunakan paket gula (saset) atau sendok pengukur untuk mengontrol asupan gula kamu ya.

Cobalah untuk menggunakan hanya satu saset, atau satu sendok teh. Jika kamu menggunakan creamer, sebaiknya hindari penggunaan gula pasir sama sekali ya.

3. Gunakan susu organik atau susu nabati

Buat Kopi Pagimu Jadi Lebih Sehat dengan 3 Cara Sederhana Ini
Tambahkan susu pada kopi kamu (Foto: pixabay/pexels)

Jika kamu seorang penggemar kopi dengan susu, memilih susu organik atau krim dalam kopi kamu juga penting. Susu yang dihasilkan dengan cara ini mengandung lebih banyak nutrisi, serta kemampuan anti-inflamasi dari asam lemak omega-3.

Atau, memilih untuk susu dan creamer yang terbuat dari almond, kelapa, jambu mete, atau susu berbasis tanaman lainnya. Karena itu jauh lebih rendah kalori dibandingkan creamer, dan susu tersebut sering diproduksi dengan bahan-bahan alami dan memberikan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

Jika kamu lebih suka versi creamer yang lebih memiliki rasa atau yang manis, jangan lupa periksa kadar gula pada informasi nilai gizi di kemasan. Empat gram gula itu sama dengan satu sendok teh. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya