Kesehatan

Buat Hati Gembira dengan Berolahraga

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 Maret 2023
Buat Hati Gembira dengan Berolahraga
Yoga, aerobik, berenang, bersepeda, jogging, hingga nge-gym semuanya bermanfaat bagi tubuh. (Foto: Freepik/Tirachardz)

APAKAH kamu salah satu orang yang gemar berolahraga? Jika iya, selamat karena itu adalah hal yang baik. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak gemar berolahraga. Alasannya kebanyakan karena sulit dan melelahkan.

Kamu tak keliru, memang berolahraga bikin lelah. Ini terjadi karena selama berolahraga, otot kamu berkontraksi yang membangkitkan kekuatan atau tenaga dan rasa panas. Otot-otot ini menggunakan Adenosin Trifosfat (ATP) untuk menghasilkan kontraksi ini. ATP sendiri adalah molekul yang menyediakan energi untuk sel-sel kamu.

Baca Juga:

'The Happiness Project', Kegembiraan untuk 3 Juta Anak

Tingkat ATP akan menurun saat kamu terus-menerus berolahraga. Hal ini mengurangi kemampuan otot kamu untuk berfungsi yang mengakibatkan kelelahan otot. Ini dikenal sebagai kelelahan periferal.

Selama berolahraga, otot kamu berkontraksi yang membangkitkan kekuatan atau tenaga dan rasa panas. (Foto: Freepik/jcomp)

Jadi, seperti yang diungkapkan halaman Healthline, merasakan kelelahan setelah berolahraga merupakan hal yang wajar karena untuk membentuk energi mekanik akan menguras cadangan energi terlebih dahulu di dalam tubuh. Namun, bukan berarti kamu harus terus menerus berolahraga. Sesekali melakukan olahraga juga bisa memberikan efek positif, salah satunya meningkatkan kebahagiaan.

Olahraga bermanfaat bagi tubuh dan ini berlaku terhadap jenis olahraga apapun, mulai dari yoga, aerobik, berenang, bersepeda, jogging, hingga nge-gym. Melakukan sedikit olahraga dipercaya dapat membantumu mengelola stres.

Baca Juga:

Riangnya Main ke Destinasi Wisata Hemat

Mengutip mayoclinic.org, olahraga membantu meningkatkan produksi neurotransmiter otak yang disebut endorfin. Endorfin berfungsi mengurangi efek negatif dari stres yang kamu rasakan dengan cara meniru efek dari stres itu sendiri, seperti respons fight atau flight, dan membantu tubuh serta sistem melatih diri untuk bekerja sama melewati efek tersebut.

Olahraga membuat hati gembira. (Foto: Unspplash/Jacqueline Munguía)

Ketika kamu mulai melepaskan ketegangan dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, kamu akan merasa lebih optimistis, tenang, berpikiran jernih, dan lebih bisa fokus. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, membantu lebih rileks, dan menurunkan gejala depresi serta kecemasan ringan yang tentunya efek-efek positif ini bisa membangkitkan suasana hatimu menjadi lebih gembira.

Yuk mulai berolahraga. Tak perlu sering-sering, cukup dua sampai tiga kali saja dalam seminggu dan itu sudah membuatmu lebih gembira. (kmp)

Baca Juga:

Kegiatan Gembira Berbuah Berkah di Ramadan




#Kesehatan #Maret Sebangsa Bergembira
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan