Buat Apa Ribut-ribut, Ini Deretan Manfaat Silaturahmi untuk Kesehatan Jiwa Silaturahmi memiliki manfaat mengejutkan untuk kesehatan jiwa (Foto: pixabay/admr)

TAK terasa Hari Raya Idul Fitri tinggal sekitar 2 minggu lagi. Itu tandanya kamu harus siap-siap berkemas untuk mudik dan juga bertemu keluarga besar di kampung halaman.

Pada momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, merupakan waktu yang sangat tepat untuk bersilaturahmi pada orang-orang terdekat kamu, dari mulai keluarga, sahabat, hingga rekan bisnis.

Biasanya usai lebaran, banyak digelar acara halal bihalal. Pada momen tersebut semua orang bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

Dibalik silaturahmi sendiri, ternyata ada manfaat tersembunyi yang cukup mengejutkan loh guys. Khususnya untuk kesehatan jiwa kamu. Seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dibalik bersilaturahmi.


1. Meredakan Stres

Redakan stres dengan bersilaturahmi (Foto: pixabay/jeshoots-com)

Manfaat silaturahmi yang pertama ialah dapat meredakan stres dan rasa cemas yang berlbihan. Karena mungkin beberapa dari kamu kerap mengalami berbagai masalah secara beruntun dalam kehidupan.

Masalah yang terus datang tak henti-henti tentu akan membuat kamu stres dan emrasa cemas. Namun tak perlu khawatir, karena para ahli megnatakan jika bersosialisasi dan bersilaturahmi dengan keluarga atau teman dekat, bisa meringankan beban dan mengurangi rasa stres.

2. Panjang Umur

Silaturahmi bisa bikin panjang umur (Foto: pixabay/jillwellington)

Manfaat silaturahmi bagi kesehatan jiwa yang kedua yakni memperpanjang umur kamu. Menurut para ahli, mereka yang banyak bersosialisasi cendrung memiliki umur yang lebih panjang dibanding mereka, yang gemar menyendiri atau mengisolasi dirinya sendiri.


3. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tubuh dapat meningkat jika kita sering bersilaturahmi (foto: pixabay/silviarita)

Interaksi sosial dengan manusia lain rupanya erat kaitannya dengan sistem imun tubuh kamu. Karena semakin banyak kamu bersilaturahmi atau bersosialisasi, maka akan besar kemsempatan kamu untuk mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Khususnya untuk yang berusia senja akan lebih kuat dalam mengatasi penyakit flu, bahkan mungkin penyakit kanker.

4. Menurunkan Risiko Demensia

Cegah demensia dengan perbanyak bersilaturahmi (Foto: pixabay/1388843)

Demensia merupakan sindrom penurunan kemampuan fungsi otak. Seperti berkurangnya daya ingat, kemampuan berpikir yang menurun hingga menurunnya kecerdasan mental.

MEnurut para ahli, sosialiasisasi atau silaturahmi bermanfaat untuk kesehatan otak. Karena mereka yang sering bersilaturahmi mempunyai daya ingat, serta kemampuan kognitif yang lebih baik.

Baca juga: Puasa Tapi Tidak Sahur? Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai Kamu

Nah itu dia guys beberapa manfaat silaturahmi yang berguna untuk kesehatan jiwa kamu. Jadi perbanyaklah silaturahmi yah guys. (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH