Buang Angin Jangan Ditahan! Jangan menahan buang angin! (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SIAPA sih yang suka mencium bau tidak mengenakan dari seseorang yang buang angin. Bisa jadi orang yang buang angin tidak mau menahannya, karena dapat berakibat buruk bagi dirinya.

Dari laman Mirror dituliskan menurut Profesor Clare Collins, ahli nutrisi dan dietetika di University of Newcastle, mengatakan bahwa jika kamu menahan angin yang terperangkap dapat menyebabkan perut kembung. Collins menambahkan, gas yang tertahan itu akan diserap kembali dalam sirkulasi tubuh dan dihembuskan dalam napas.

sakit perut
Jangan menahan angin risikonya terjadi kantung gas di lambung. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Collins memperingatkan bahwa jika kamu menahannya sebenarnya itu adalah hal sia-sia. Menahannya terlalu lama berarti menjadi penumpukan gas pada usus. Kemudian pada akhirnya akan membuat gas menjadi tidak terkendali. Bukan itu saja kamu bisa berakhir dengan kondisi yang disebut divertikulitis, munculnya kantong kecil yang berkembang di lapisan usus dan dapat berubah menjadi peradangan.

masker
Jika buang angin lebih baik mencari tempat yang tepat. (Foto: Pixabay/viniciusamano)

Sebenarnya gas ini berasal dari karbon dioksida yang dihasilkan ketika asam lambung bercampur dengan bikarbonat di usus kecil. Bisa juga karena gas yang diproduksi oleh bakteri yang terletak di usus besar, Collins mengungkapkannya.

Jadi sebaiknya kalau ingin buang angin yang lepaskan saja. Hanya saja kamu harus mencari tempat yang tidak ada kerumunan orang atau pergi ke toilet. Tetapi jika itu tidak mungkin atau sudah terlanjur terjadi di depan umum maka biarkan saja. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo