Buah Pepaya Muluskan Kulit Kamu Pepaya memberikan manfaat kesehatan yang luas. (Foto: cleanfoodcrush)

JIKA kamu ingin diet menurunkan berat badan dan ingin semua nutrisi tercukupi, konsumsilah buah pepaya. Pepaya memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik manfaat internal atau eksternal.

Buah pepaya kaya akan sumber vitamin seperti vitamin A dan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, magnesium, besi, tembaga, dan mangan.

Tak hanya itu, pepaya juga tinggi serat dan mengandung antioksidan. Kandungan gula yang terdapat di buah pepaya juga mudah diserap oleh tubuh dan dapat memasok energi. Pepaya juga rendah kalori dan mengandung sejumlah enzim yang penting untuk tubuh.

Berikut manfaat lain dari buah pepaya:

pepaya
Pepaya mampu membuat kulit menjadi mulus. (Foto: msn)

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah pepaya mengandung serat yang tinggi. Itulah sebabnya pepaya dianggap sebagai buah terbaik untuk meningkatkan pencernaan. Mengonsumsi satu porsi pepaya dapat memenuhi kebutuhan harian kita akan serat yang dibutuhkan. Tercukupinya serat dari pepaya membuat kita terhindar dari sembelit. Sepotong pepaya juga bisa digunakan untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan dan membuat gerakan usus menjadi teratur.

2. Mengurangi Peradangan

Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang bersifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi resiko penyakit kronis. Kedua jenis enzim tersebut juga bisa mengobati peradangan lain seperti rheumatoid arthritis, gout, atau edema.

pepaya
Sajian yang enak untuk membantu pencernaan. (Foto: youtube)

3. Memberi Nutrisi Penting

Pepaya kaya akan sumber vitamin seperti vitamin A, vitain E, dan vitamin C. Warna oranye yang terdapat di daging pepaya juga berasal dari vitamin B kompleks dan mineral seperti kalium, magnesium dan tembaga. Vitamin dan mineral yang terdapat di buah pepaya bekerja sama untuk proses regenerasi sel dan membantu mencegah radikal bebas.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah perkembangan infeksi. Dengan mengonsumsi pepaya secara teratur,tubuh kita terlindungi dari bakteri dan virus penyebab pilek, flu, infeksi pernapasan lainnya.

pepaya
Pepaya mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. (Foto: tasteslovely)

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lain buah pepaya adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam buah pepaya mencegah penyakit jantung. Asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek penyakit jantung. Itulah pentingnya memakan sepotong pepaya setiap hari.

6. Baik Untuk Kulit

Keberadaan vitamin E dalam pepaya menghentikan kerusakan sel dan mencegah pembentukan keriput. Vitamin A membuat kulit halus dan bebas noda. Sementara vitamin C dan vitamin E meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang. Selain itu, pepaya juga mengandung minyak esensial yang dapat mempertahankan kelembaban kulit dan menurunkan gejala gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Itulah segudang manfaat buah pepaya. Konsumsi buah pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan kita. Jika enggan memakannya begitu saja, campurkan pepaya dalam salad buah atau tambahkan ke smoothies. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH