Buah Kurma Bisa Cegah Kamu Menderita Insomnia Manfaat kurma sangat banyak bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/jackmac34)

JIKA teringat buah apa yang biasanya banyak dikonsumsi orang saat Ramadan? Pasti langsung tergambar di pikiran kamu, buah kurma. Buah yang satu ini memang berasal dari daerah Timur tengah. Bewarna hitam keunguan, kurma memiliki dua jenis, kurma basah dan kurma kering.

Buah yang satu ini selalu bermunculan saat Ramadan telah tiba di pasaran. Rasanya sangat manis, dan tentunya memiliki banyak kandungan nutrisi. Karena itulah ternyata buah kurma memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh kamu. Apa saja manfaatnya ya? Berikut manfaat kurma berdasarkan laman Go-Dok.

1. Sumber Energi

Kamu akan mendapatkan banyak energi dengan mengonsumsi kurma. Pasalnya kurma merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terkandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang tinggi pada kurma. Kandungan-kandungan tersebut dapat memberikan energi pada tubuh. Apalagi kalau kurma dijadikan menu berbuka puasa, energi tubuh kamu pun akan kembali dengan cepat.


2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sulit ke 'belakang'? Gampang saja. kamu tinggal rutin mengonsumsi kurma. Terlebih kalau kamu menderita konstipasi. Beberapa butir kurma dalam satu hari akan melancarkan sistem pencernaan kamu. Urusan ke 'belakang' akan lancar dan perut kamu tidak lagi terasa penuh.


3. Mengobati Anemia

Mungkin jarang ada yang tahu bahwa kurma dapat mengobati anemia. Kenyataannya memang benar. Sebutir kurma mengandung kalsium dan zat besi yang amat tinggi. Kedua kandungan tersebut terbukti ampuh untuk merangsang produksi sel darah merah pada tubuh.

kurma
Kurma memberikan manfaat lebih pada tubuh. (Foto: premiumtimesng)


4. Mempercepat Proses Pemulihan DBD

Penyakit DBD memang sangat mengerikan. Kalau sudah sangat parah akan berakibat kematian. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati DBD adalah mengonsumsi kurma. Adanya kandungan senyawa semisal Xinosa dan Galaktosa dalam kurma membantu merangsang pertumbuhan jumlah trombosit hingga 23,90%. Perlu diingat agar mendapatkan hasil maksimal bukan dengan mengonsumsi kurma secara utuh, melainkan sari kurma.


5. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung adalah kalium. Buah kurma mengandung kalium yang tinggi. Mulai sekarang kamu bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi kurma agar kamu bisa merasakan perubahan pada kestabilan denyut dan kontraksi otot jantung.


6. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah harus stabil agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh. Agar tekanan darah stabil kamu bisa mencobanya dengan mengonsumsi 2-4 butir kurma setiap harinya. Apalagi kalau kamu menderita penyakit hipertensi, wajib bagi kamu mengonsumsi kurma. Banyaknya kandungan nutrisi pada buah ini akan menjaga tekanan darah kamu tetap stabil.

jantung
Kalium pada kurma menjaga jantung. (Foto: latimes)


7. Menjaga Fungsi Otak

Terdapat kandungan vitamin B dan kalium pada kurma. Kedua kandungan ini terbukti dapat memperlancar aliran oksigen ke otak. Dengan demikian berdasarkan fakta ini banyak pakar kesehtan menganjurkan mengonsumsi buah kurma secara rutin dan teratur untuk menjaga fungsi otak.


8. Mencegah Insomnia

Sangat mengganggu pastinya saat pola tidur kamu terganggu. Kamu susah tidur alias insomnia. Tenang saja kamu bisa kembali tidur secara teratur dan lelap dengan mengonsumsi buah manis ini. VItamin B3 pada kurma mampu mengembalikan pola tidur kamu.

gigi
Kurma membantu memberikan kesehatan pada gigi. (Foto: electricteeth)


9. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dari kecil orangtua kamu pasti menyuruh kamu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seiring bertambahnya usia kepadatan dan kesehatan tulang gigi kamu pun akan menurun.

Dampak buruknya gigi kamu akan keropos hingga mengalami osteoporosis. Dengan mengonsumsi kurma kamu dapat mencegah hal tersebut. Kandungan magnesium, selenium, tembaga, dan mangan pada kurma dijamin dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga kamu tua.


10. Mencegah Kanker Lambung

Mengerikan jika sudah mendengar kata kanker. Kanker pun beragam, lebih mengerikannya jika menyerang organ tubuh. Seperti misalnya kanker lambung. Mengonsumsi kurma dapat mencegah kamu terkena kanker lambung. Sebab buah kurma selain dapat dicerna dengan cepat, akan berperan sebagai tonik yang dapat mengurangi risiko tumbuhnya sel abnormal pada lambung.

Itulah manfaat menabjubkan dari buah kurma. Oh iya selama puasa ini kamu bisa dengan rutin mengonsumsi kurma pada waktu sahur dan berbuka puasa. Selamat berpuasa! (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH