Buah Bisa Bikin Alergi Buah bisa sebabkan alergi (Foto: Pexels/Ponyo Sakana)

SIAPA sangka buah ternyata bikin alergi. Umumnya, alergi makanan disebabkan oleh bahan yang mengandung kacang, susu, atau bahkan sumber protein lainnya. Sama seperti alergi lainnya, alergi buah juga menyebabkan rasa gatal setelah memakannya. Lalu mengapa bisa begitu, ya?

Mengutip laman Hellosehat, reaksi alergi buah merupakan kondisi tubuh seseorang menganggap zat yang terkandung dalam buah tersebut berbahaya. Akhirnya, timbul reaksi alergi berupa gatal-gatal atau bengkak setelah mengonsumsinya.

Baca juga:

Hasil Menjanjikan Pengobatan Alergi Kacang

Pada orang-orang tertentu yang mengalami alergi buah, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah adanya kandungan profilin, sejenis protein nabati yang ada dalam buah. Ada pula dua kondisi yang sering menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi pada buah-buahan, yaitu sindrom alergi oral dan alergi lateks.

Sindrom alergi oral atau disebut juga pollen-food allergy syndrome dipicu karena adanya protein dari buah-buahan yang mirip dengan protein penyebab alergi. Buah-buahan tersebut di antaranya apel, cherry, kiwi, persik, melon, jeruk, tomat, dan pisang.

Jeruk, salah satu buah yang menyebabkan alergi. (Foto: Pexels/Jessica Lewis)

Orang-orang dengan riwayat reaksi alergi terhadap pohon birch, tanaman ragweed, atau serbuk sari rumput, dapat mengalami sindrom alergi oral. Akan tetapi, kondisi ini biasanya tidak ditemukan pada anak-anak.

Reaksi alergi yang disebabkan biasanya dalam hitungan menit. Namun di beberapa kasus, ada juga yang mengalami setelah satu hingga dua jam. Gejalanya seperti gatal pada kulit, bengkak pada bibir, tenggorokan gatal, sakit perut, muntah, bersin, serta pilek.

Baca juga:

Sayang Hewan Tapi Punya Alergi? Pelihara Saja

Selain itu, protein yang menyebabkan pollen-food allergy syndrome tidak terlalu kuat terhadap panas atau asam di perut. Ini sebabnya orang-orang yang memiliki alergi ini cenderung tidak mengalami reaksi yang parah dibandingkan dengan jenis alergi makanan lainnya.

Jika alergi buah jangan menggunakan produk yang mengandung buah. (Foto: Pexels/Juliana Malta)

Jika kamu sudah benar-benar didiagnosis mengidap alergi ini, mulailah menghindari makanan atau minuman apapun yang mengandung buah pemicu. Tidak terkecuali produk-produk kecantikan yang menggunakan buah tersebut sebagai bahannya, seperti lip bam.

Dalam beberapa kasus, memasak buah dan sayuran tertentu dapat menghancurkan dan mengubah protein yang menyebabkan sindrom alergi oral. Namun, ini tergantung pada jenis buah apa yang memicu reaksinya. (and)

Baca juga:

Ini Perbedaan Alergi Biasa dan COVID-19


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH