BTS Raih Music Innovator Awards 2020 Versi Majalah Wall Street Journal BTS dapatkan Music Innovator Awards 2020 dari Wall Street Journal Magazine. (Foto: WSJ Magazine)

SELAMA tujuh tahun perjalan kariernya, BTS sudah buktikan kalau mereka merupakan salah satu grup terbaik pada masanya. Buktinya penghargaan demi penghargaan berhasil disabet oleh boyband beranggotakan tujuh orang itu. Bukan hanya di negaranya saja, BTS juga dapat pengakuan dari kancah internasional. Dan kali ini grup mereka baru saja mendapatkan Music Innovator Awards 2020 versi majalah Wall Street Journal.

Merayakan tahun kesepuluh ajang tahunan Innovator Awards, majalah Wall Street Journal memilih BTS sebagai peraih penghargaan inovator dalam bidang musik. Tahun ini selain grup K-Pop itu, ada sejumlah nama yang mendapatkan penghargaan serupa di bidang lain.

Baca juga:

Synchronize Fest di TV Nasional? Ini Tanggapan Para Penikmat Musik

Beberapa diantaranya ialah Jennifer Lopez untuk Pop Culture Innovator, Patti Smith dalam bidang Literature Innovator, Tyler Perry mendapatkan Entertainment Innovator, Michaela Coel untuk Television Innovator, dan Titus Kaphar sebagai peraih Art Innovator.

BTS mendapatkan penghargaan Innovator Awards 2020 dalam bidang musik. (Foto: WSJ Magazine)
BTS mendapatkan penghargaan Innovator Awards 2020 dalam bidang musik. (Foto: WSJ Magazine)

Video mengenai keberhasilan BTS dibuka dengan kata pengantar dari James Corden. "Saya tidak pernah lupa saat BTS pertama kali datang dan tampil di acara. Kurasa kami yang terlibat di depan dan belakang kamera tak mengetahui sebelumnya, betapa hebatnya mereka semua dan betapa penggemarnya begitu bersemangat," kenang Corden.

Pembawa acara The Late Late Show itu juga mengatakan setiap kali ketujuh anggota datang ke acaranya, dia selalu terpesona dengan profesionalitas, sifat, dan bakat BTS yang luar biasa. Dia mengenang kembali saat-saat bertemu BTS dan menyebutnya sebagai salah satu momen terbaik. Terakhir, seleb asal Inggris itu menutupnya dengan mengucapkan selamat kepada BTS karena berhasil terpilih sebagai inovator musik WSJ Magazine tahun ini.

Baca juga:

Idola Kpop yang Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Agensi

Lalu video berganti memperlihatkan beberapa cuplikan para penggemar, potongan konser tur dunia BTS, serta beberapa acara yang sudah dihadiri para member selama beberapa tahun terakhir. Penonton diperlihatkan perjalanan tujuh pria muda asal Korea Selatan ini dalam menembus batas budaya untuk mendominasi industri musik internasional. Wall Street Journal juga bagikan beberapa opini sejumlah pesohor mengenai BTS. Salah satunya mengenai kesamaan BTS dengan band legendaris The Beatles.

"BTS adalah artis Korea pertama yang mencapai tangga lagu pertama Billboard dan mereka menjadi grup pertama setelah The Beatles yang meraih tiga album nomor satu dalam waktu kurang dari setahun," ucap Stephen Colbert saat menyambut BTS dalam acaranya 2019 silam.

Kesuksesan grup asal Korea Selatan itu disamakan dengan band legendaris The Beatles. (Foto: Big Hit Entertainment)
Kesuksesan grup asal Korea Selatan itu disamakan dengan band legendaris The Beatles. (Foto: Big Hit Entertainment)

Selain itu David Chang, penerima Innovator Awards 2018 di bidang kuliner juga memiliki pendapat serupa. "Orang sebaiknya mulai menerima bahwa mereka (BTS) bisa dibilang seperti The Beatles karena ada ratusan juta orang yang suka BTS," jelasnya.

Disamakan dengan The Beatles, anggota tertua BTS, Kim Seokjin langsung buka suara. "Bisa dibandingkan dengan grup legendaris merupakan sebuah kehormatan besar," katanya. Sementara sang leader justru punya pendapat lain. RM merasa tidak pernah atau bahkan bisa melebihi John Lennon dkk. "Kami hanyalah tujuh anak normal yang menyukai musik dan tampil yang punya mimpi untuk memberikan harapan, cinta, energi positif, dan inspirasi untuk dunia," jelas pria kelahiran 1994 itu.

Baca juga:

Film 'Perempuan Tanah Jahanam' Wakili Indonesia di Oscar 2021

Lain lagi dengan Jimin. Vokalis BTS itu merasa bahwa setiap anggota lah yang membuat BTS bisa menjadi istimewa. Lebih lanjut dia juga tidak lupa menyebutkan hubungan spesial antara BTS dan ARMY. Anggota termuda BTS, Jungkook turut mengungkapkan bahwa dia merasa sangat terhormat jika pesan yang disampaikan BTS bisa sampai pada penggemarnya. Salah satunya adalah mengenai kampanye mencintai diri sendiri dari tiga album mereka Love Yourself.

"Tim BTS telah mengeluarkan pesan ini dan memberikannya pada pendengar. Tapi nyatanya hal itu memberi pengaruh besar juga pada kami," ungkap J-Hope mengenai kampanye Love Myself yang disampaikan BTS pada fan.

V lalu menyampaikan bahwa saat ini semua orang di seluruh dunia sedang mengalami hal sulit. Namun vokalis bernama asli Kim Taehyung itu justru mengingatkan bahwa keadaan yang sulit seharusnya membuat kita meningkatkan optimisme. Maka dari itu ke depannya BTS memutuskan untuk tetap fokus pada hal terbaik yang mereka bisa lakukan, yaitu melalui musik dan penampilan.

"Meskipun kedaan sulit, aku harap kamu bisa mendapatkan sedikit kekuatan dan harapan dari menonton penampilan kami," tutur Suga.

Mengenai penghargaan inovator yang didapatkan ini, Suga berpendapat bahwa buatnya inovasi artinya tidak pernah berhenti. Menurutnya hal yang paling penting ialah selalu berubah. "Jangan pernah merasa nyaman. Selalu berevolusi," pesan lead rapper BTS itu. Hal inilah yang membuat BTS berhasil mendapatkan penghargaan inovator dalam bidang musik karena ketujuh anggota selalu berusaha keluar dari zona nyaman dan tidak pernah berhenti menginspirasi. Selamat untuk BTS. (Sam)

Baca juga:

Raisa dan Cinta Laura Masuk Kembali dalam Daftar 100 Wanita Tercantik di Dunia 2020

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tetap Sehat Meski Konsumsi Santapan Idul Adha
Fun
Tetap Sehat Meski Konsumsi Santapan Idul Adha

Pada sajian rendang, ia menyarankan untuk mengurangi bumbunya.

10 Hidangan Nasi Paling Populer se-Asia, Masakan Indonesia Mendominasi
Kuliner
GoPay Perluas Layanan Fintech di 2021
Fun
GoPay Perluas Layanan Fintech di 2021

Gopay Perluas layanan Fintech guna memberikan akses layanan keuangan digital yang semakin luas serta mudah pada para pengguna

Baru Ingin Mencoba Offroad? Perhatikan Hal-hal Ini!
Fun
Baru Ingin Mencoba Offroad? Perhatikan Hal-hal Ini!

kamu perlu memikirkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mencoba.

3 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bakal Rilis di 2020
ShowBiz
3 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bakal Rilis di 2020

Dari yang bergenre komedi sampai thriller

Joanna Cole, Pencipta The Magic School Bus Tutup Usia
Fun
Joanna Cole, Pencipta The Magic School Bus Tutup Usia

Cole telah meninggal di usia ke-75 akibat fibrosis paru idiopatik.

Perempuan Ini Pecahkan Rekor Afro Terbesar di Dunia
Fun
Perempuan Ini Pecahkan Rekor Afro Terbesar di Dunia

Rambut afronya setinggi 1,48 meter.

Demi Permintaan Anak-Anak, Lego Tinggalkan Plastik
Fun
Demi Permintaan Anak-Anak, Lego Tinggalkan Plastik

Lego telah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai

Deretan K-Drama dengan Teknologi CGI Mengagumkan
ShowBiz
Deretan K-Drama dengan Teknologi CGI Mengagumkan

Ada begitu banyak drama atau film Korea yang memanfaatkan teknologi Computer-Generated Imagery (CGI).

Dianggap Sebagai Kutukan, Film Horor 'Antrum' Siap Meneror via Digital
ShowBiz
Dianggap Sebagai Kutukan, Film Horor 'Antrum' Siap Meneror via Digital

Antrum dianggap sebagai salah satu film terseram speanjang masa.