K-Pop

BTS Dituduh Memanipulasi Billboard Chart, ini Penjelasan Ahli

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 06 Agustus 2021
BTS Dituduh Memanipulasi Billboard Chart, ini Penjelasan Ahli
Pendapat ahli mengenai tuduhan manipulasi chart BTS. (Foto: Hybe Labels, Billboard)

BTS kembali memecahkan rekor. Pada 2 Agustus 2021, lagu mentega milik mereka telah menghabiskan sembilan minggu di posisi puncak Billboard Hot 100. Menjadikan Butter sebagai lagu terlama di 2021 yang betah berada di urutsan pertama tangga lagu bergengsi itu.

Selain itu, lagu Permission to Dance yang dirilis pada 9 Juli lalu sempat menggantikan posisi Butter satu minggu sebelum akhirnya direbut kembali. ARMY girang alang-kepalang melihat nama BTS selalu ada di bagian paling atas setiap minggunya selama 10 minggu terakhir. Namun, BTS dan ARMY malah dituduh melakukan penipuan. Benarkah demikian?

Baca juga:

Personel BTS Hampir Debut dengan Nama Panggung ini

BTS Dituduh Memanipulasi Billboard Chart, ini Penjelasan Ahli
Secara total, ada empat lagu BTS yang memuncaki tangga lagu Billboard. (Foto: Billboard)

Kesuksesan BTS di tangga lagu Billboard telah membuktikan bahwa Hot 100 kini sudah benar-benar mendunia. Pasalnya kini musisi asal Korea Selatan pun bisa menjebolnya. Pendapat ini dilontarkan oleh Maria Sherman, jurnalis musik dan penulis Larger Than Life: a History of Boy Bands From NKOTB to BTS.

Sherman manyebutkan bahwa dominasi BTS di Hot 100 jadi bukti nyata bahwa lagu-lagu mereka sukses besar di pasar AS, meski ketujuh personel berasal dari Korea Selatan. "Bagi banyak orang, tangga lagu Billboard masih menjadi barometer pencapaian tertinggi," jelas Sherman.

Menurutnya, saat ini tidak ada cara yang lebih bereputasi untuk menunjukkan kesuksesan seorang artis atau lagu terbesar di AS selain Billboard Chart. "Kesuksesan BTS telah mengubah cara berpikir penggemar musik pop tentang tangga lagu. Dulu, artis non-bahasa Inggris tidak akan pernah bisa memuncakinya, tetapi sekarang grup Korea telah mengambil alih. Hot 100 akhirnya benar-benar global," tambahnya.

Sayangnya, meskipun ahli berpendapat bahwa BTS memang berhak atas posisinya itu, haters percaya bahwa BTS dan ARMY memanipulasi dengan cara streaming dan pembelian massal.

Chris Molanphy, seorang analisis chart dan kritikus pop menyebutkan bahwa ARMY bermain adil. Selama mereka tidak secara artifisial meningkatkan streaming atau total penjualan dengan robot atau pembelian palsu.

Baca juga:

Ganti Lirik Rap 'I'll Be Missing You', BTS Sebarkan Pesan Positif

BTS Dituduh Memanipulasi Billboard Chart, ini Penjelasan Ahli
Haters berpendapat bahwa ARMY memanipulasi chart dengan menggunakan robot autoplay. (Foto: HYBE Labels)

Lebih lanjut, Sherman menggemakan sentimen Molanphy dengan menyebutkan bahwa hasil tangga lagu ini organik. Sebab artis Barat dan penggemarnya sudah sejak lama menggunakan praktik yang sama untuk meningkatkan grafik lagu mereka.

"Ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh artis Barat lainnya seperti Justin Bieber dan Ariana Grande untuk waktu yang lama. Mereka menggunakan penjualan bundel untuk menopang posisi mereka," jelas Sherman.

Ia juga menambahkan bahwa di masa lalu, penggemar fanatik akan meminta lagu favorit dari idola mereka untuk diputar di radio agar bisa meningkatkan angka tersebut. "Tapi tidak ada yang ilegal atau tidak etis yang dilakukan disini," tuturnya.

Masalah ini awalnya terjadi saat Tom Breihan membuat artikel berjudul BTS and Their Fan Army Are Rendering The Pop Charts Useless di laman Stereogum. Breihan menyebut para fan mendorong lagu BTS sehingga menyebabkan penghitungan daftar lagu menjadi tidak akurat.

"Popularitas organik yang prnah menjadi kekuatan pendorong di balik musik pop hampir tidak terasa ada lagi. Sebaliknya, tangga lagu pop berubah menjadi medan perang," tulisnya saat itu.

Breihan kemudian menambahkan bahwa bukan BTS yang melakukan manipulasi, emelainkan basis penggemarnya. Hal tersebut tentunya membuat ARMY geram. Mendapat banyak kecaman akhirnya Breihan mengunggah sejumlah cicitan di Twitter dan mengakui bahwa dirinya salah. (sam)

Baca juga:

Desain BTS untuk Trunk Ikonik LV

#BTS #K-Pop #Billboard Chart
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan