K-Pop
BTS Ditahbiskan Bintang Pop Terhebat 2020 Versi Billboard BTS terpilih jadi Greatest Pop Star of 2020 versi Billboard. (Foto Billboard Viktor Miller Gausa)

TUJUH pemuda Bangtan ini tak akan berhenti. Setidaknya tidak dalam waktu dekat. Delapan tahun lalu, tujuh pria asal Korea Selatan itu mungkin tidak akan pernah menyangka bahwa suatu hari mereka akan disandingkan dengan musisi ikonik seperti Madonna ataupun Michael Jackson. Namun, kini, nama mereka amat mungkin sejajar para musisi legendaris dunia.

Setiap tahunnya, Billboard memilih satu bintang pop terbaik yang bersinar terang sepanjang tahun. Pemilihan tersebut telah berlangsung sejak 1981 Untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, BTS jadi artis Asia pertama yang masuk daftar.

BACA JUGA:

Lima Kunci BTS Raih Kesuksesan Mendunia

Grup asuhan Big Hit Entertainment itu bergabung dengan daftar penyanyi legendaris. Mulai dari Michael Jackson, Whitney Houston, Madonna, Mariah Carey, Backstreet Boys, Nirvana, Britney Spears, Beyonce, Kanye West, Eminem, Justin Timberlake, Rihanna, Lady Gaga, Katy Perry, Adele, Taylor Swift, Justin Bieber, Ed Sheeran, Drake, dan Ariana Grande.

BTS
Setelah 40 tahun, BTS jadi musisi Asia pertama yang masuk daftar. (Foto CBS)

Memulai esainya, Mia Nazareno dari Billboard menyebutkan warga Amerika memiliki kecenderungan untuk mengabaikan hal-hal yang mereka tak pahami. Seperti sistem metrik, perawatan kesehatan universal, dan sayangnya K-Pop. Namun, semua berubah setelah sebuah grup beranggotakan tujuh dengan tiga huruf nama mengubah cara pandang masyarakat terhadap pop Korea.

Tur dunia yang selalu ludes terjual, tiga kali peringkat pertama Billboard 200, dan lautan penggemar super suportif mulai membuat RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook dikenal. Bahkan disamakan dengan band fenomenal sekelas The Beatles.

BTS
BTS di karpet merah Grammy Awards 2020 sebelum tampil di atas panggung. (Foto Twitter@bts_bighit)

Perlahan tapi pasti, BTS mulai menembus industri hiburan Amerika. Kemudian pada Februari 2020, mereka meluncurkan album studio keempat bertajuk 'Map of the Soul:7' dengan lagu utama 'On'. Album ini membuat grup tersebut mendapatkan peringkat pertama Billboard 200 untuk yang keempat kalinya. Sementara lagu 'On' duduk di posisi keempat Billboard Hot 100.

Setelah kesuksesan tersebut, BTS siap lepas landas keliling dunia untuk turnya. Sayang, pandemi COVID-19 melanda dan menghancurkan semua rencana. Tak tinggal diam, BTS tetap aktif secara virtual untuk hibur penggemar. Mulai dari membuat konser Bang Bang Con dan Map of the Soul:One serta menyampaikan pidato menggungah di acara YouTube Dear Class of 2020. Ketujuh personel juga tampil dalam berbagai program TV dan acara penghargaan. Sebut saja Billboard Music Awards, MTV Video Music Awards, NPR's Tiny Desk, 'Late Late Show', dan masih banyak lagi.

BTS
Lagu Dynamite membawa kesuksesan besar bagi BTS. (Foto Big Hit Entertainment)

Lima bulan sebelum 2020 berakhir, BTS kejutkan ARMY dengan peluncuran lagu Dynamite. Sukses besar, lagu tersebut bisa dikatakan menjadi puncak dari semua diskografi mereka. Banyak sekali penghargaan dan rekor yang berhasil dipecahkan oleh ketujuh anggota berkat lagu disko ceria itu. Bahkan menarik perhatian Recording Academy sampai-sampai membuat BTS menjadi nomini dalam kategori 'Best Pop Duo/Group Performance'. Sebuah pencapaian impresif karena merupakan nominasi Grammy pertama untuk artis K-Pop.

Setelahnya, album BE meluncur berisi curahan hati BTS mengenai kondisi pandemi yang mereka rasakan. Lagi-lagi, di waktu yang bersamaan album dan lagu utamanya Life Goes On memuncaki tangga lagu Billboard. Kerennya, ini jadi lagu berbahasa Korea pertama yang berhasil debut nomor satu di Billboard Hot 100.

Dengan setiap pencapaian dan urutan nomor satu baru pada tahun 2020, BTS mempersulit pemirsa AS untuk menyangkal popularitas mereka. Serta mau tak mau belajar menerima bahwa K-Pop sangat pantas masuk dalam arus musik utama. "Dan sekarang setelah kami akhirnya mendengarkan, kami sedih membayangkan semua potensi pop klasik yang kami lewatkan hanya karena kendala bahasa di antara kami," Nazareno. (sam)

BACA JUGA:

Ritual Member BTS dari Pagi Hari, Sebelum Konser, Hingga Jelang Istirahat

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Romantic Nostalgia, Koleksi Terakhir Mendiang Barli Asmara
Fashion
Romantic Nostalgia, Koleksi Terakhir Mendiang Barli Asmara

Romantic Nostalgia sarat sentuhan klasik dan siluet romantis ultra feminim.

Ladies, Hindari Gaya Rambut Ini
Fun
Ladies, Hindari Gaya Rambut Ini

Rambut malah bisa rusak.

Ada Kemungkinan Musim Kedua untuk ‘WandaVision’
ShowBiz
Ada Kemungkinan Musim Kedua untuk ‘WandaVision’

Atas banyaknya permintaan dari para penggemar.

2.500 Relawan Siap Bantu Ruangguru Lewat Program ‘ruangpeduli’
Fun
2.500 Relawan Siap Bantu Ruangguru Lewat Program ‘ruangpeduli’

Para relawan berasal dari Aceh hingga Papua.

Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya'
Hiburan & Gaya Hidup
Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya'

Kenali deretan alasan orang minta maaf paling ada maunya, dari mulai untuk meminjam uang dan sebagainya

Alasan Orang Enggan Pelihara Kucing Berwarna Hitam
Fun
Alasan Orang Enggan Pelihara Kucing Berwarna Hitam

Kucing hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk diadopsi.

4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021
Fashion
4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021

Cocok untuk OOTD di Indonesia yang beriklim tropis.

Makin Laris, ‘Godzilla vs Kong’ Salip ‘Tenet’
ShowBiz
Makin Laris, ‘Godzilla vs Kong’ Salip ‘Tenet’

Keuntungannya akan terus bertambah.

Cintai Dulu Diri Sendiri, Baru Orang Lain
Fun
Cintai Dulu Diri Sendiri, Baru Orang Lain

Mencintai diri kamu sendiri sangat penting sebelum menjalin hubungan.

Dua Bandara di Kota New York Siapkan Tempat Uji Virus
Travel
Dua Bandara di Kota New York Siapkan Tempat Uji Virus

Gubernur Cuomo mengumumkan inisiatif tersebut.